sidoarjosatu.com
Headline Kesehatan Pemerintahan Pilbup 2020 Politik

Mas Iin Ingin Masyarakat Terapkan Social Distancing, Minta Tenaga Kesehatan Jaga Kondisi

SIDOARJO- Penyebaran wabah Covid-19 harus diantisipasi oleh semua pihak. Termasuk menjaga diri dengan menerapkan social distancing. Hal tersebut diharapkan menjadi salah satu cara untuk menekan bertambahnya jumlah penderita yang dinyatakan positif virus corona di Sidoarjo.

Anggota DPRD Jatim Achmad Amir Aslichin mengatakan, masyarakat harus turut serta dalam pencegahan penyebaran virus corona. Salah satunya dengan menjaga jarak serta tidak berkerumun di tempat keramaian. Hal itu sebagai upaya agar wabah Covid-19 bisa ditekan penyebarannya. “Lebih baik di rumah dengan meminimalisir sejumlah kegiatan untuk bertemu dengan banyak orang,” jelasnya.

Politisi yang akrab disapa Mas Iin ini juga meminta agar kesehatan masyarakat tetap dijaga. Caranya, dengan minum vitamin serta olahraga teratur. Dia juga berharap masyarakat menghindari orang yang sakit. Salah satunya dengan tidak menjenguk atau berkunjung ke rumah sakit yang bisa berdampak kurang baik. “Covid-19 menyerang imun yang lemah karena itu sangat rawan,” kata anggota Fraksi PKB ini.

Selain itu, dia juga meminta agar dokter, perawat dan tenaga medis lainnya untuk tetap menjaga kesehatan. Jika diforsir untuk melayani pasien terutama Covid-19 maka juga bisa rawan tertular. Hal itu justru akan menambah beban kurangnya tenaga kesehatan karena sakit atau tertular virus corona.

Legislator asal Sidoarjo ini mengungkapkan, saat ini RSUD Sidoarjo dan empat rumsah sakit rujukan Covid-19 fokus untuk penanganan penyakit menular itu. Karena itu diharapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo bisa memperhatikan dengan maksimal kondisi tenaga kesehatan yang ada di RSUD Sidoarjo. Misalnya terkait shift yang jam kerja yang harus diatur dengan baik. Jika banyak yang overtime dikhawatirkan akan menurunkan kondisi kesehatan tenaga kesehatan itu. “Itu yang harus diperhatikan termasuk SOP penanganan pasien Covid-19 yang harus dijalankan dengan benar,” tegas lulusan The University of Melbourne, Australia ini.

Kondisi saat ini, imbuh Mas Iin, Dinkes dan RSUD sudah kewalahan. Karena ini masalah bersama dan darurat, maka OPD Pemkab Sidoarjo juga harus turut serta berperan aktif membantu.

Menurutnya, kerjasama antar semua OPD harus bisa terlaksana. Mulai dari pemprov dan seluruh kabupaten kota di Jawa Timur. Hal itu harus dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona yang lebih meluas. “Kita harus kompak untuk bisa menekan penyebaran virus menular ini,” pungkasnya. (SS-3/er)

Related posts

Surging Stock Market Powers US Wealth to $96.2 trillion

editorsidoarjo1

Mantan Tim Sukses Khofifah-Emil, Dukung Cak Nur-Mimik Idayana di Pilkada Sidoarjo

editor sidoarjosatu.com

Alice in Dairyland: Why Wisconsin Corn Goes Beyond Livestock

editorsidoarjo1

Leave a Comment