sidoarjosatu.com
Headline Hukrim Kesehatan

Panjang Buaya Muara di Sidoarjo Sampai Enam Meter

SIDOARJO- Munculnya buaya muara ke permukaan sungai di kawasan Klurak, Kecamatan Candi, Senin (30/12/2019) bukanlah hal biasa. Meskipun di sepanjang sungai itu memang ada buaya tapi bisa dihitung jari saat muncul ke permukaan sungai.
Diduga kemunculan buaya itu karena kondisi air sungai yang tidak nyaman. Dikarenakan limbah dan bercampur air hujan.
Sekretaris Forum Komunitas Masyarakat Tambak (FKMT) Sidoarjo Achmad Syarif mengatakan, fenomena buaya muara yang muncul ke permukaan sungai bisa dikatakan sangat jarang. Namun, dia mengakui jika di sungai yang melintas di Klurak sampai laut itu memang ada buaya.
Biasanya buaya-buaya itu bermukim di dekat muara dengan membuat lubang dan hanya kelihatan moncongnya saja. “Dulu pernah muncul ke permukaan sungai. Hal itu dikarenakan kondisi air sungai yang tidak nyaman,” ujar Syarif.
Pria yang berprofesi sebagai petambak ini mengaku dulu pernah muncul buaya di daerah Desa Kedungpeluk. Namun, sudah lama tidak muncul lagi.
Dan, lanjut dia, ukuran buaya muara itu cukup besar dan panjang. Kalau yang muncul di sungai kawasan Klurak itu bisa dikatakan masih buaya anakan.
Dia pernah melihat buaya sebesar perahu nelayan. “Yang paling besar itu panjangnya bisa sampai 6 meteran,” tegasnya.
Daya tahan buaya muara bisa dikatakan lebih kuat daripada ikan biasanya. Jika ada limbah yang mencemari sungai tapi kadarnya belum berat, maka buaya buaya itu tidak akan muncul ke permukaan.
Buaya muara bisa beradaptasi karena hidup di dua air, yakni air asin dan air payau. Karena itu buaya-buaya itu lebih senang bermukim di muara (pertemuan air laut dan sungai).
 
Selama ini, belum pernah ada nelayan atau petambak yang diserang Buaya Muara. Sifat buaya muara kalau ada orang akan lari atau menyelam ke dalam sungai.
Buaya buaya itu kalau muncul biasanya di rerimbunan pohon yang ada ditepi sungai. Karena itu sangat jarang terlihat, meskipun ketika ada orang naik perahu. (SS-2/ir)

Related posts

Persaingan Cabup dan Cawabup Sidoarjo- Ahmad Muhdlor Ali –

editor sidoarjosatu.com

Toys R Us Seeks Bankruptcy To Survive Retail Upheaval

editorsidoarjo1

Persaingan Cabup dan Cawabup Sidoarjo -Nur Ahmad Syaifuddin-

editor sidoarjosatu.com

Leave a Comment