Buka Expo Kampung Logam, Bupati  Muhdlor Siapkan Program Bantuan Modal Bagi IKM Sidoarjo

oleh -190 Dilihat

 

Sidoarjosatu.com – Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali membuka Expo Produk Kampung Logam di Desa Ngingas, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo pada Jumat, (18/8/2023).

Pemerintah Desa Ngingas yang dikenal dengan kreativitas dan kepiawaian dalam mengolah logam menggelar expo sebagai bentuk apresiasi terhadap karya-karya unggulan para pengrajin setempat.

Bupati Muhdlor dalam sambutannya mengungkapkan kebanggaannya terhadap prestasi yang telah diraih oleh para pengrajin logam di Desa Ngingas.

“Saya sangat bangga dan mendukung desa-desa di Kabupaten Sidoarjo yang memiliki keunikan-keunikan salah satunya Desa Ngingas ini,” ucapnya.

Ia menyebutkan bahwa Pemerintah Sidoarjo telah menyiapkan berbagai program untuk mendukung Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Sidoarjo salah satunya program Bantuan Keuangan (BK) yang disediakan oleh DPRD Kabupaten Sidoarjo dan permodalan Kredit Usaha Rakyat Daerah (KURDA) Sayang melalui BPR Dela Artha dengan bunga hanya tiga persen pertahun.

“Kebanyakan UMKM di Indonesia ini gagal dikarenakan dua hal, yang pertama gagal karena permodalan, yang kedua gagal karena pemasaran dan sisanya gagal dikarenakan legalitas dan bahan baku atas dasar ketiga hal tersebut, Pemerintah Sidoarjo sudah menyiapkan dukungan modal untuk IKM,” jelasnya.

Ia juga berpesan untuk warga di Desa Ngingas agar bangga menjadi warga Ngingas, dengan cara membeli produk logam dari dan untuk warga ngingas.

“Banggalah jadi warga Ngingas, minimal dengan menggunakan produk dari Ngingas,” tutupnya.

Expo ini menampilkan beragam produk logam mulai dari alat pertamanan, alat rumah tangga, peralatan listrik dan semua yang terkait dengan logam.

Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ngingas Makmur Abadi, Zainuddin Arifin cukup menyayangkan bahwasannya produk dari Desa Ngingas di klaim oleh perusahaan-perusahaan besar menjadi produknya, sehingga hal itu juga menjadi persoalan yang harus segera ditemukan solusinya.

“Kendala tersebut menjadikan perputaran uang di desa Ngingas tidak maksimal karena adanya klaim dari perusahan-perusahan besar yang mengambil ke Desa Ngingas ini,” pungkasnya.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Sidoarjo ikut mendukung untuk menggunakan produk lokal dari Desa Ngingas dalam pelaksanaan program-programnya.

“Dengan cara menghimbau kepada Dinas terkait agar belanja ke Ngingas itu menjadi solusi kami,” ungkapnya.

Expo Produk Kampung Logam di Desa Ngingas diharapkan akan menjadi wadah bagi pertumbuhan industri kreatif dan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

Acara yang diadakan dalam rangka mempromosikan industri lokal ini dihadiri oleh warga setempat dan dialog interaktif dengan narasumber Anggota DPRD, Nasih Abdillah dan H. Haris. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sidoarjo, Edi Kurniadi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Rudi Setiawan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Widiyantoro Basuki, Kepala Dinas Lingkungan Hidup & Kebersihan, Bahrul Amig. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.