Danrem 084/BJ Tegaskan Netralitas TNI di Pemilu 2024 kepada Anggota Kodim 0816/Sidoarjo

oleh -112 Dilihat

 

Foto : Danrem 084/BJ BrigjenTNI Yusman Madayun, S.I.P. saat memberikan arahan kepada prajurit Kodim 0816 Sidoarjo (10/1)

SIDOARJOterkini – Dalam rangka memastikan kesiapan dan netralitas TNI pada Pemilu 2024, Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Yusman Madayun, S.I.P., memberikan pengarahan khusus kepada para anggota Kodim 0816/Sidoarjo, Rabu 10 Januari 2024.

Dalam pengarahannya, Danrem 084/BJ Brigjen TNI Yusman Madayun mengingatkan pentingnya peran TNI sebagai institusi yang netral dan tidak terlibat dalam politik praktis selama proses Pemilu. Beliau menegaskan bahwa netralitas TNI adalah hal yang mutlak dan menjadi pilar penting dalam menjaga stabilitas serta keamanan nasional dalam tahapan demokratis.

“Netralitas TNI adalah komitmen kita bersama dalam menjaga kedaulatan negara. Saya mengimbau seluruh prajurit untuk tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis apapun juga,” tegas Brigjen TNI Yusman Madayun.

Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya memahami dinamika situasi politik tanpa terlibat secara langsung. Hal ini dimaksudkan agar setiap prajurit memiliki kesadaran situasional yang tinggi dalam menjalankan tugasnya, terutama dalam menyikapi berbagai isu yang berkembang di masyarakat.

“Saya harap prajurit Kodim 0816/Sidoarjo selalu meningkatkan kewaspadaan dan kepekaan terhadap kondisi sosial politik saat ini. Kita harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dengan selalu bersikap netral dan profesional,” tambahnya.

Penekanan pada edukasi politik bagi prajurit merupakan salah satu upaya Korem 084/BJ beserta jajarannya dalam mewujudkan Pemilu yang damai dan demokratis. Diharapkan dengan memahami peran serta menjaga sikap netral, prajurit TNI dapat turut serta dalam mengamankan jalannya Pemilu 2024 tanpa mengesampingkan tugas utama sebagai pembela negeri.

Acara pengarahan ini dihadiri oleh para Perwira, Bintara, dan Tamtama serta PNS di lingkungan Kodim 0816/Sidoarjo. Para peserta tampak serius mendengarkan arahan dari Danrem 084/BJ dan berkomitmen untuk mengaplikasikannya dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dengan pengarahan tersebut, diharapkan seluruh prajurit Kodim 0816/Sidoarjo semakin solid dan siap mendukung suksesnya Pemilu 2024 yang aman, damai, dan sejuk. Danrem 084/BJ Brigjen TNI Yusman Madayun juga mengingatkan akan pentingnya menjaga kondusifitas wilayah Sidoarjo agar tetap stabil dan terkendali sampai dengan terlaksananya pemilihan umum yang berintegritas.

“Mari kita tunjukkan bahwa TNI adalah institusi yang kuat dan tangguh karena prinsip netralitasnya. Kita semua harus berperan aktif dalam menciptakan kondisi yang kondusif untuk pemilu yang akan datang,” pungkas Brigjen TNI Yusman Madayun mengakhiri arahannya.

Komandan Kodim 0816/Sidoarjo, Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo menyambut positif arahan dari Danrem 084/BJ dan menegaskan kesiapan Kodim 0816/Sidoarjo untuk mengimplementasikan pengarahan tersebut.

“Kami berkomitmen penuh untuk mengikuti arahan Danrem dan memastikan setiap prajurit Kodim 0816/Sidoarjo memahami dan menjalankan prinsip netralitas TNI dengan sebaik-baiknya,” kata Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo.

Diakhir acara, Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo juga menekankan pentingnya kerjasama antar prajurit dan instansi pemerintahan setempat untuk menyukseskan Pemilu yang damai dan demokratis.

“Mari kita bekerjasama dan bersinergi, menjaga kondusivitas nasional demi suksesnya Pemilu yang akan datang.” pungkasnya.(cles)

No More Posts Available.

No more pages to load.