Sambut Maulid Nabi, Wakil Bupati Ajak Teladani Nabi Muhammad SAW

oleh -254 Dilihat

 

Sidoarjosatu.com  – Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH mengajak kepada semua untuk meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW. Ajakan itu ia sampaikan saat menghadiri peringatan menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus Haul Keluarga H. Syukur, Minggu malam, 17/09/2023. Kegiatan syiar Islam tersebut digelar di halaman rumah H. Syukur Desa Balongtani Kecamatan Jabon. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Jabon, Danramil Jabon serta Kapolsek Jabon.

Disampaikan Wabup H. Subandi bahwa didalam diri Rasulullah SAW sudah tertanam sifat dan akhlak baik yang harus dicontoh. Sifat dan akhlak baik seperti ini harus menjadi panutan semua umat muslim. Terlebih bagi anak muda di zaman sekarang.

“Momen ini menjadi momen yang sangat tepat bagi semuanya khususnya yang hadir dengan meneladani sifat Nabi Muhammad SAW dimana dalam diri Rasulullah sudah tertanam sifat dan akhlak baik yang harus dicontoh dan menjadi panutan semua umat muslim khususnya bagi anak muda di zaman sekarang,”ucapnya.

Dijelaskannya bahwa banyak sifat nabi Muhammad SAW yang wajib diteladani. Diantaranya adalah sifat sidik, amanah, fathonah, dan tablig. Sidik artinya orang yang jujur, amanah adalah dapat dipercaya, fathonah berarti orang yang pandai atau cerdas. Menurutnya pandai dalam hal duniawi memanglah sangat dianjurkan. Kemudian tablig artinya orang yang menyampaikan. Dalam hal ini, yang dimaksud menyampaikan adalah memberikan pemahaman kepada orang-orang mengenai kebaikan.

“Sidik artinya jujur dan berkata benar,  kedua amanah yang berarti dapat dipercaya, sifat yang ketiga Nabi Muhammad yaitu fathonah. Fathonah berarti pandai atau cerdas. Kemudian sifat yang keempat tabligh, tablig artinya menyampaikan,”sampainya.

Dengan meneladani ke empat sifat nabi Muhammad SAW itu, lanjut Wabup H. Subandi, ia mengajak berlomba-lomba melakukan kebaikan. Bukan terhadap dirinya saja namun juga kepada orang lain. Namun tentunya sesuai dengan syariat yang ditetapkan Allah SWT.

“Mari kita berlomba-lomba dalam mengerjakan kebaikan selagi kita diberi kesempatan hidup di dunia, dan peringatan haul seperti ini juga akan mengingatkan kita bahwa hidup di dunia ini ibarat nya hanya sekedar mampir minum saja,” ucapnya.

Diakhir sambutannya, Wabup. H. Subandi juga menitipkan pesan untuk menjaga kondusifitas. Ia sampaikan bahwa sebentar lagi akan memasuki tahun politik. Pesta demokrasi rawan terjadi perselisihan. Oleh karenanya masyarakat diminta menjaga kondusifitas. Jangan sampai beda pilihan terjadi pertengkaran.

“Walaupun ada perbedaan dalam memilih namun kita harus tetap menjaga keguyban dan jangan sampai mudah untuk dipecah belah dan diadu domba,”pungkasnya.

Sementara itu KH.Sya’roni Fadlan yang diundang sebagai penceramah menyampaikan tiga hal yang perlu selalu diingat untuk menjadi pribadi yang baik dimata Allah SWT.  Yaitu jangan sampai memutuskan tali silaturahmi, menghiasi diri dengan bacaan Al-Qur’an serta terangi diri dengan sholat tahajjud.

“Sebagai umat beragama jangan sampai kita memutuskan silaturrahmi, khususnya dengan saudara, serta jadikan bacaan Al-Qur’an serta sholat tahajjud kita sebagai penerangnya,”katanya.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.