Tindak Lanjut Kerjasama, Dukcapil dan Lapas Sidoarjo Gelar Perekaman Dan Pemutakhiran NIK Warga Binaan

oleh -172 Dilihat

 

SIDOARJO – Penandatangan kerjasama antara Lapas Sidoarjo dengan Dukcapil Sidoarjo dilaksanakan Senin (13/3), dan tepat setelah kegiatan ceremonial tersebut selesai, dengan gerak cepat pihak Dukcapil Sidoarjo secara langsung melaksanakan kegiatan perekaman dan Pemutakhiran NIK warga binaan Lapas Sidoarjo.

Kegiatan dilangsungkan di aula kunjungan tatap muka terbatas, dimana kurang lebih 11 pegawai Dukcapil melayani para warga binaan Lapas Sidoarjo untuk memastikan mereka sudah melakukan perekaman KTP elektronik atau belum. Kegiatan pemeriksaan ini dilakukan satu persatu dimana warga binaan dipanggil secara bergantian sesuai dengan urutan kehadiran mereka.

Perlu diketahui disini, kegiatan ini dilaksanakan dengan sudah menimbang resiko keamanannnya. Dimana para warga binaan disini dipanggil per kamar secara bergantian, itu semua dilakukan untuk menjaga kondusifitas Lapas Sidoarjo. Dari pihak warga binaan sendiri pun terbilang kooperatif untuk mengikuti dan melaksanakan kegiatan pemutakhiran data NIK, jadi kegiatan bisa terus berlangsung dalam keadaan aman dan kondusif.

Kegiatan dilaksanakan sebagai salah satu langkah awal pendataan hak warga binaan untuk mengikuti pesta Demokrasi di tahun 2024 nanti. Lapas Sidoarjo dan Dukcapil Sidoarjo bekerjasama untuk mendata warga binaan yang bisa mengikuti Pemilu tahun 2024 nanti. Dan merupakan salah satu wujud nyata Lapas Sidoarjo dalam mendukung suksesnya Pemilu tahun depan tanpa melupakan statusnya untuk tetap netral sebagai salah satu instansi Pemerintah.

Dari kegiatan perekaman KTP elektronik ini selain sebagai persiapan untuk warga binaan agar bisa mengikuti Pemilu tahun 2024 nanti, mereka para warga binaan secara langsung juga sudah mendapatkan kemudahan dalam proses pembuatan KTP elektronik ini.

Mereka yang selama ini belum sempat melakukan perekaman, kini malah bisa mendapatkannya dengan cara yang lebih mudah. Yaitu menggunakan layanan jemput bola perekaman KTP elektronik oleh Dukcapil Sidoarjo. Selain itu pendataan ini juga begitu membantu dalam pengelolaan data warga binaan melalui sistem database Pemasyarakatan.

Dalam kesempatan ini, pihak Dukcapil Sidoarjo juga memperkenalkan layanan unggulan mereka yang lain yaitu Identitas Kependudukan Digital, yang mana aplikasi tersebut bisa didownload di playstore. Petugas Lapas Sidoarjo pun secara antusias mendaftarkan diri untuk menggunakan Layanan unggulan satu ini.(cles)

No More Posts Available.

No more pages to load.