Tumbuhkan Kreasi Siswa, SMP Al Muslim Jawa Timur Gelar AMEX 2K24

oleh -938 Dilihat

 

Sidoarjosatu.com – SMP Al Muslim Jawa Timur kembali menggelar kegiatan rutin tahunan, yakni Al Muslim Junior High School Exhibition (AME) 2K24 dengan tajuk “Tumbuhkan Kreasi, Wujudkan Prestasi”, Sabtu, (27/1/2024).

Dalam pelaksanaannya, AME 2K24 akan dilangsungkan kurang lebih selama sepekan dan terbagi menjadi 7 (tujuh) perlombaan, yakni Tari Kreasi Manuk Dadali, Renang, Lukis, Olimpiade Matematika dan IPAS (Olimpas), Da’i dan Da’iyah, Story Telling, dan Futsal.

Rangkaian kegiatan AME 2K24 akan dimeriahkan oleh siswa-siswi SD/sederajat se-Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya.
Opening Ceremony AME 2K24 dilaksanakan tepat pada Sabtu, 27 Januari 2024 dengan menghadirkan sejumlah tamu undangan, antara lain Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Ketua Umum KONI Kabupaten Sidoarjo, Ketua Asosiasi Futsal Kabupaten Sidoarjo, dan Ketua Umum Akuatik Indonesia Kabupaten Sidoarjo.

Selain itu,, hadir pula internal Yayasan Al Muslim Jawa Timur yang meliputi Pembina Yayasan, Ketua, Sekretaris, Kepala Bidang Pendidikan, Kepala Bidang Non-Pendidikan, Kepala Pusat Sumber Belajar, Hubungan Masyarakat, Kepala Sumber Daya Manusia, Psikolog, Koordinator Tilawati, Kepala Sekolah Setiap Unit, dan Perwakilan Badan Pendukung Kegiatan Sekolah (BPKS) beserta jajarannya.

Selain perlombaan, AME 2K24 juga merupakan implementasi pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengadakan tampilan dan pameran gelar karya siswa.

Kepala SMP Al Muslim Ika Sriyaningsih, S.Pd. mengatakan, Kegiatan AME tahun ini yang merupakan kegiatan tahunan, digelar sedikit lebih berwarna dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi anak-anak untuk menunjukkan bakatnya, baik melalui ekstrakurikuler maupun projek kokurikuler yang bertemakan ‘Bhinneka Tunggal Ika,”ungkapnya.

Sekretaris Yayasan Al Muslim Jawa Timur Ahmad Fahrizal Rahman, S.T., M.Pd dalam sambutannya menyebutkan, Kegiatan AME ini sebagai sarana belajar bagi siswa SMP melalui pelaksanaan projek sekaligus sebagai wadah bagi para peserta lomba AME 2K24 untuk mengembangkan minat dan bakatnya”.

“Kami berharap kegiatan AME 2K24 ini mampu menumbuhkan bibit-bibit siswa berprestasi yang menjadi kebanggaan di Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya,”ucapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Mutu Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo Dr. Netti Lastiningsih, M.Pd mengapresiasi SMP Al Muslim ini termasuk dalam Sekolah Penggerak Angkatan 1 di Kabupaten Sidoarjo bahkan di Indonesia. Dikatakan Netti, dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, kegiatan belajar mengajar (KBM) tidak hanya berfokus pada pembelajaran di kelas saja, melainkan juga melalui projek kokurikuler.

“Apa yang kita saksikan hari ini adalah output dari pelaksanaan projek 5P tersebut. Kolaborasi, kerja sama, komunikasi yang baik, dan didukung dengan dukungan antara guru dan orang tua sangat berperan penting dalam pelaksanaan proyek tersebut,” ungkap Dr. Netti Lastiningsih, M.Pd.

Adapun tampilan yang dibawakan oleh siswa SMP Al Muslim antara lain Drama Garuda Wisnu Kencana (Prov. Bali), Tari Papat Pibui (Suku Dayak Kalimantan), Tari Saman (Prov. Nanggroe Aceh Darussalam), Fashion Show diiringi Tari Sajojo (Papua), Tari Humbelo (Papua), Drama Lagolo (NTB), Tari Kipas (Sulawesi Selatan), Karawitan Tembang Perahu Layar, dan tampilan Spelmus Band.

Setelah acara pembukaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba Tari Kreasi Manuk Dadali dengan total peserta sebanyak 19 tim.

Perlu diketahui pula bahwa pada tahun ini, gelaran AME 2K24 diikuti oleh kurang lebih 600 siswa SD se-kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya. Kegiatan AME 2K24 diharapkan dapat berjalan dengan baik hingga sepekan ke depan, tentunya dengan dukungan dan support dari berbagai pihak, termasuk sponsor dan media partner. (SS-2)

No More Posts Available.

No more pages to load.