BPJS Kesehatan Gandeng Tuna Netra Hadirkan Posko Mudik dan Pojok Mobile JKN di Terminal Purabaya

oleh -762 Dilihat

 

Foto : Direktur IT BPJS Kesehatan saat peresmian Posko Mudik di Terminal Purabaya

SIDOARJOterkini – Untuk mendukung kelancaran aktivitas peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat melaksanakan mudik lebaran tahun 2023, BPJS Kesehatan menghadirkan Posko Mudik di Terminal Purabaya Sidoarjo mulai 18 April hingga 21 April 2023.

Di Posko Mudik, Berbagai layanan disiapkan oleh BPJS Kesehatan bagi masyarakat yang berkunjung ke Posko Mudik. Secara khusus BPJS Kesehatan menggandeng penyandang disabilitas dalam hal ini tuna netra untuk juga membantu memberikan layanan kepada pemudik yang berkunjung di Posko Mudik.

“Kami menggandeng ahli pijat tuna netra yang dihadirkan untuk membantu pemudik memanfaatkan sarana relaksasi di Posko Mudik BPJS Kesehatan. Ini juga sebagai upaya kontribusi kami dalam pemberdayaan peran penyandang disabilitas pada masyarakat,” kata Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan saat peresmian Posko Mudik BPJS Kesehatan di Terminal Bus Purabaya, Sidoarjo, Selasa 18 April 2023.

Edwin menambahkan, sebagai upaya menggencarkan sosialisasi dan edukasi terhadap Program JKN kepada pemudik, BPJS Kesehatan juga menghadirkan Pojok Mobile JKN. Harapannya masyarakat bisa lebih mengenal dan memanfaatkan aplikasi yang disiapkan BPJS Kesehatan ini, karena memiliki banyak fitur untuk memudahkan peserta mengakses layanan JKN.

Selain sebagai sarana relaksasi dan edukasi Program JKN, di Posko Mudik BPJS Kesehatan para pemudik bisa mendapatkan layanan yang disiapkan seperti konsultasi kesehatan, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency dan pemberian rujukan bila diperlukan. Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut. Pemudik juga bisa menikmati takjil gratis yang disediakan di posko.

Foto : Direktur IT BPJS kesehatan sedang mencoba layanan relaksasi di Posko Mudik

“Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis, sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya. Posko mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Masing-masing tim tersebut terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans,” ungkap Edwin.

Pada kesempatan yang sama, secara simbolis Edwin juga menyerahkan bantuan berupa sarana tempat duduk dan tempat sampah kepada pihak Terminal Purabaya. Bantuan tersebut diharapkan dapat mendukung kenyamanan para pemudik yang singgah di Terminal Purabaya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Noer Amalis Solehah mengapresiasi upaya BPJS Kesehatan yang telah menghadirkan layanan bagi masyarakat dalam Posko Mudik Lebaran tahun 2023. Dirinya berharap, layanan yang dihadirkan dalam posko tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, sehingga kebutuhan administrasi kepesertaan JKN maupun layanan kesehatan dapat terpenuhi.

“Dalam Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bukan hanya peserta JKN saja yang bisa mengakses layanan, namun masyarakat umum juga dapat memanfaatkan fasilitas yang dihadirkan. Harapannya, masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan BPJS Kesehatan,” kata Noer.

Selain itu, Noer juga mengajak seluruh masyarakat untuk segera mendaftarkan menjadi peserta JKN. Dengan menjadi peserta, seluruh pembiayaan kesehatan akan dijamin sepenuhnya dan bisa mendapatkan akses layanan dengan mudah.

Menjelang Idul Fitri1444 H, BPJS Kesehatan menghadirkan Posko Mudik di lima titik dan satu titik Posko Arus Balik padat pemudik. Lima Posko Mudik tersebut yaitu, Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek KM 57, Rest Area Tol Ungaran KM 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar dan Posko Arus Balik terdapat di Rest Area 319 B Pemalang. Posko Mudik akan tersedia pada 18-21 April 2023, sedangkan Posko Balik pada 25-27 April 2023. (cles)

No More Posts Available.

No more pages to load.