Galaxy Open Tuntas, Tiga Turnamen Biliar Siap Digelar Lagi di 2024, Ini Daftar Pemenangnya

oleh -84 Dilihat
JUARA: Ketua KONI Surabaya Hosleh Abdullah (kiri), para pemenang lomba, dan owner Galaxy Pool & Karaoke Wahjoedi HS Basuki foto bersama.

SIDOARJOSATU– Turnamen biliar bertajuk Galaxy Open 2023 sukses digelar di Surabaya selama 6 hari dari 12-17 November 2023. Sebanyak 340 pebiliar mengikuti turnamen ini untuk memperebutkan trophy dan hadiah uang total Rp89,8 juta.

Dari peserta sebanyak itu, juara 1 disabet pebiliar dari Sidoarjo atas nama Kocis. Ia pun berhak mendapatkan piala dan uang tunai Rp40 juta.

Sedang juara ke-2 diraih Pras dari Kediri, yang mendapatkan thropy dan uang tunai Rp15 juta.

“Rangking 3 bersama masing-masing mendapatkan uang tunai Rp5 juta,” kata Cong Liek, panitia penyelenggara Galaxy Open 2023 dihubungi Sabtu, 18 November 2023.

Menarik dari turnamen ini, pemenang 1-4 tidak ada peserta dari Surabaya. Menurut Cong Liek, pebiliar dari Surabaya sebenarnya punya skill di atas rata-rata.

“Bisa karena faktor mental bertanding, mereka jadi kalah. Jam terbang memang perlu,” cetus Cong Liek.

Kabar baiknya, lanjut Cong Liek, tahun 2024 nanti bakal digelar lagi turnamen biliar di Surabaya. Bahkan, ada tia turnamen biliar yang disiapkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Surabaya dan Persatuan Olah Raga Bilyard Seluruh Indonesia (POBSI).

Sementara itu, Wahjoedi HS Basuki, owner Galaxy Pool & Karaoke tidak menyangka peserta turnamen biliar yang diselenggarakannya membludak.

Dari catatan panitia penyelenggara, turnamen yang digelar di Galaxy Pool & Karaoke, Jalan Pandegiling Surabaya, diikuti sekitar 340 pebiliar.

“Karena animonya tinggi, saya sudah diskusi dengan Cak Dollah (Ketua Umum KONI Surabaya Hoslih Abdullah, red), tahun depan dianggarkan untuk tiga turnamen,” terang Wahjoedi yang dihubungi terpisah.

Ketiga turnamen biliar yang bakal digelar 2024 itu Piala Wali Kota Surabaya, Piala KONI Surabaya dan Galaxy Open.

“Nanti levelnya ada Jawa Timur dan nasional. Karena turnemen yang sekarang (Galaxy Open 2023, red) animonya luar biasa,” ujar dia.

Dengan turnamen tersebut, ia berharap atlet biliar Surabaya bisa ‘bicara’ di level nasional.

“Turnamen kali ini harus menjadi evaluasi, karena tidak ada yang meraih juara 1-4. Perlu pembinaan yang lebih intens agar atlet biliar Surabaya bisa lebih berprestasi,” ungkap Wahjoedi yang juga Wakil Ketua POBSI Surabaya.

Ia juga berharap atlet biliar Surabaya untuk sering-sering mengikuti turnamen, agar mental dan skillnya terasah.

“Dengan sering mengikuti pertandingan, kemampuan dan skillnya tentu akan menjadi lebih baik,” pungkas Wahjoedi.

Sebagai informasi, turnamen biliar Galaxy Open 2023 ini memperebutkan Thropy dan hadiah uang tunai total Rp89,8 juta.

Sedang peserta turnamen ini tak hanya dari wilayah Jatim, namun juga di luar Jatim. Berikut ini daftar pemenangnya:

1. Kocis Sidoarja

2. Pras Kediri

3. Teddy Carabao

3. Aurendra SV. (SS-1)

No More Posts Available.

No more pages to load.