Kloter Pertama Debarkasi Surabaya Tiba DI Bandara Juanda Surabaya, Jemaah Haji Sujud Syukur 

oleh -129 Dilihat
Foto : Jemaah Haji asal Bangkalan Madura Sujud Syukur setibanya di Bandara Juanda Surabaya, Selasa, (4/7/2023)

Sidoarjosatu.com – Raut senang dan haru terlihat pada wajah para jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama debarkasi setelah mendarat dengan selamat di Bandar Udara Internasional Juanda. Seketika setelah menuruni tangga pesawat para jemaah langsung melakukan sujud syukur karena telah melaksanakan rukun Islam ke-5 dan dapat kembali pulang dalam keadaan sehat.

Ratusan jemaah haji kloter pertama yang berasal dari Bangkalan tersebut tiba di Bandar Udara Internasional Juanda pada pukul 15.58 WIB. Mereka menggunakan pesawat berbadan lebar jenis Boeing 747-400 dari maskapai Saudia Airlines dengan kode penerbangan SV 5048 rute Jeddah-Surabaya.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar mengatakan jumlah total jemaah haji pada kloter pertama debarkasi sebanyak 450 jemaah dengan rincian 223 jemaah pria, 227 jemaah wanita, dan 5 orang petugas pendamping haji.

“Alhamdulilah, kami turut merasakan rasa haru dan bahagia yang sama karena dapat menjadi bagian dari pelaksanaan pelayanan angkutan haji. Selamat datang kembali ke tanah air untuk jemaah kloter pertama embarkasi Surabaya. Hari ini juga menjadi awal dimulainya pelayanan penerbangan kepulangan atau debarkasi selama satu bulan ke depan hingga 4 Agustus 2023,” jelas Sisyani Jaffar, Selasa (4/7/2023).

Sisyani melanjutkan, di hari pertama pelayanan debarkasi ini Bandar Udara Internasional Juanda akan melayani tiga penerbangan sekaligus. Kloter kedua pada pukul 16.56 WIB dan kloter ketiga pada pukul 18.28 WIB.

“Ada perbedaan rencana kedatangan dari yang kami sampaikan sebelumnya karena menyesuaikan ketersediaan slot trafik di Bandara Raja Abdulaziz, Jeddah,” terangnya.

Sama seperti angkutan embarkasi, ada sebanyak 88 kloter pada angkutan debarkasi haji yang akan dilayani Saudi Arabia sebanyak 84 kloter dan sisanya sebanyak 4 kloter dilayani Garuda Indonesia.

Untuk fasilitas pelayanan atau airport handling, pihaknya telah menyiapkan 6 parking stand untuk pesawat haji yaitu nomor 4, 5, 7, 8, 10, dan 11. Selain itu, pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan stakeholder agar dapat mempersiapkan dan memastikan pelayanan maksimal kepada jemaah mulai dari proses pendaratan pesawat hingga jemaah menuju Asrama Haji menggunakan bus.

“Kami telah berkordinasi bersama ground handling dan maskapai agar jemaah yang menggunakan kursi roda maupun jamaah yang membutuhkan bantuan khusus lainnya dapat difasilitasi dengan baik,” tambahnya.

Salah satunya, lanjut Sisyani, adalah penyediaan Invalid Passenger Lift (IPL) yang fungsinya sebagai lift untuk penumpang dengan kebutuhan khusus saat turun dari pintu pesawat, sehingga tidak perlu turun melalui tangga manual.

” Mohon doa dan dukungan semoga kami dapat memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu Allah hingga debarkasi selesai nanti,” pungkasnya. (Had)

No More Posts Available.

No more pages to load.