Kompak Kenakan Baju Guk Yuk, Ratusan Siswa dan Guru KB-TK Al Muslim Peringati Harjasda ke-165

oleh -999 Dilihat
Foto ; siswa-siswi dan Guru KB-TK Al Muslim Sidoarjo kompak memakai baju khas Guk Dan Yuk dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-165 Kabupaten Sidoarjo, Rabu, (31/1/2024).

Sidoarjosatu.com – Ratusan siswa-siswi dan Guru KB-TK Al Muslim Sidoarjo kompak memakai baju khas Guk Dan Yuk dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-165 Kabupaten Sidoarjo. Sejumlah agenda digelar dalam menyemarakkan Kabupaten berlogo udang dan bandeng tersebut.

Gerak dan lagu “Sidoarjo Gemah Ripah Lohjinawi” mengawali puncak kegiatan Harjasda ke-165. Kepala Sekolah Al-Muslim, Siti Aminah mengungkapkan berbagai kegiatan sengaja digelar untuk menyemarakkan Hari Jadi Kee-165 Kabupaten Sidoarjo. Disamping itu, sebagai wujud rasa bangga menjadi warga Sidoarjo.

“Kegiatan ini sudah kita laksanakan sejak tiga Minggu yang lalu. Dan hari ini adalah puncak peringatan Harjasda ke-165,” ujar Siti Aminah, Rabu, (31/1/2024).

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan bangga akan produk asli Sidoarjo, baik makanan khas, pakaian khas, dan budaya.

“Serta destinasi wisata yang tentunya tidak kalah menarik dengan yang lainnya,”tambahnya.

Rangkaian kegiatan selanjutnya Yasmin, Gibran, dan Alecia siswa TK B mempresentasikan makanan khas Sidoarjo ada bandeng presto, asap, othak-otak, sate kerang, lonthong kupang, kue lumpur, dan klepon. Mereka pun bercerita sudah praktik memasak makanan khas Sidoarjo bersama orang tua dan guru di sekolah, kegiatannya bernama “Collaboration Parent and Teacher in the Classroom”.

Yasmin mempresentasikan cara membuat telor asin, kelompok TK A praktik membuat telur asin menggunakan media abu gosok dan garam, TK B menggunakan batu bata dan garam, sedangkan adek KB menggunakan bawang putih dan garam, setelah 14 hari telor tersebut dimasak, hmm lezat sekali rasanya. Zahra, Hili, Rara, dan Icha, siswa TK A mempresentasikan destinasi di Sidoarjo antara lain monumen Jayandaru, lumpur Lapindo, candi Pari, dan lain sebagainya.

Keseruan selanjutnya mengucapkan bersama-sama “Hari Jadi Sidoarjo, I Love Sidoarjo,” .

“Harapan kami, Kabupaten Sidoarjo lebih baik lagi, tidak macet, aman, dan banyak mainan,” ucap Yasmin.

Sebagai penutup semua siswa dan guru merasakan makanan khas Sidoarjo, diantaranya: telor asin, bandeng presto, otak-otak bandeng, ote-ote, kupang, sate kerang, udang, kerupuk, dan kue lumpur lapindonya yang sangat legend.

“Kerangnya enak dan gurih”, ucap Aira siswa TK B, “Otak-otak bandeng juga enak dan mantab” timpal Raihan.

“Kupangnya juga enak dan mantab”. Tambah Kayra.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan semoga berkesan bagi siswa, serta memberikan dampak yang diharapkan yaitu, siswa dapat menjadi duta kecil yang mampu melestarikan budaya dan destinasi wisata Sidoarjo secara luas,” tutup Situ Aminah. (Had).

No More Posts Available.

No more pages to load.