Pengabdian Masyarakat ; Dosen dan Mahasiswa UMAHA Pasang 4 Tiang Lampu Tenaga Surya Di Desa Ngembat, Mojokerto 

oleh -1154 Dilihat
Foto : Mahasiswa UMAHA saat melakukan pemasangan 4 tiang lampu tenaga Surya di kawasan desa Ngembat, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto. Kamis, (28/12/2023).

Sidoarjosatu.com – Dosen dan Mahasiswa di Universitas Ma’arif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo hari ini memasang 4 tiang lampu penerangan jalan tenaga Surya (solar cell) di jalur menuju makam Desa Ngembat, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto. Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dikemas dalam program penggunaan energi terbarukan tersebut untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Salah satu dosen UMAHA, Moch Choifin menyatakan program pengabdian masyarakat energi terbarukan UMAHA sebagai bentuk kontribusi nyata terhadap masyarakat. Setelah Program GNK (Gerakan Nyemplung Kali) dan Program Hutan Wakaf YPM berkolaborasi dengan UMAHA melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat. Kali ini, fokus ditempatkan pada keberlanjutan energi dengan pemasangan lampu penerangan jalan tenaga surya (solar cell) sebanyak 4 tiang.

“Pemasangan lampu penerangan jalan tenaga surya menjadi solusi ramah lingkungan yang tidak hanya efisien namun juga berkelanjutan dengan memanfaatkan sinar matahari yang berkelimpahan,” jelas Moch. Choifin, Kamis, (28/12/2023).

Lebih lanjut, Desa Ngembat, yang berada di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, menjadi lokasi yang beruntung untuk merasakan manfaat langsung dari program ini. Dengan pemasangan 4 tiang lampu jalan solar sel, jalur menuju makam desa kini terang benderang, memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga yang melintas.

“Program ini merupakan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Teknik Mesin UMAHA, yang tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis di kelas, tetapi juga mengaplikasikannya dalam program nyata yang bermanfaat bagi masyarakat. Mereka tidak hanya menjadi pendidik tetapi juga agen perubahan positif di lapangan,” terangnya.

Selain itu, program pengabdian masyarakat energi terbarukan UMAHA membuktikan bahwa pendidikan tinggi tidak hanya tentang mengajar di dalam kelas dan lingkungan kampus, tetapi juga tentang membawa perubahan positif dilingkungan sekitar. Melalui langkah-langkah seperti ini, UMAHA terus menorehkan jejaknya dalam mewujudkan pendidikan yang berdampak nyata.

“Kami berharap bahwa kontribusi ini dapat menjadi dorongan bagi masyarakat dan pemerintah setempat untuk lebih mendukung penggunaan energi terbarukan,” harapnya. (Had).

No More Posts Available.

No more pages to load.