Blusukan ke Sawah, Gus Muhdlor Temukan Sungai Kedungan Dangkal

oleh -1291 Dilihat

CEKATAN: Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali saat blusukan ke sawah didampingi sejumlah kepala dinas, camat dan kades.

 

SIDOARJOSATU– Banjir yang kerap terjadi di Desa Pesawahan Kecamatan Porong menjadi perhatian Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor). Pada Jumat (11/6/2021) sore, dia didampingi Plt Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Sidoarjo Sigit Setyawan, camat dan kades setempat mengunjungi afvoer sungai Kedungan.

Sungai tersebut yang mengaliri sawah dua desa. Yakni Desa Kedensari Kecamatan Tanggulangin dan Desa Pesawahan Kecamatan Porong.

Saat blusukan Gus Muhdlor mendapati aliran sungai sudah dangkal. Beberapa sungai kecil juga sudah tidak berfungsi.

Kepala Desa Pesawahan Parnoto mengatakan, dangkalnya afvoer sungai Kedungan menjadi penyebab banjir di desanya. Setiap tahun puluhan rumah warganya terendam.

“Saat musim hujan, area persawahan juga terlihat seperti tambak, ini karena sungainya dangkal,” ujarnya.

Mendengar keluhan tersebut, Gus Muhdlor meminta segera ada tindakan. Di antaranya, normalisasi sungai Kedungan. Selain itu juga menghidupkan lagi sungai kecil yang lama mati.

“Penyebab banjir karena sungai Kedungan yang melewati area persawahan Desa Kedensari dan Desa Pesawahan sudah lama tidak dinormalisasi. Kondisinya sudah dangkal,” katanya.

Plt Kepala DPUBMSDA Sidoarjo Sigit Setyawan mengaku siap menindaklanjuti perintah dari Gus Muhdlor. Menurutnya, sungai kecil yang sudah lama tidak berfungsi akan dilakukan normalisasi.

“Maka kita rapatkan bersama, camat juga kita libatkan, karena menyangkut batas-batas sawah,” terang Sigit yang juga menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo itu. (SS-3/er)

No More Posts Available.

No more pages to load.