Bupati Muhdlor Ajak Kolaborasi Sampoerna Bangkitkan UMKM Sidoarjo

oleh -1505 Dilihat

 

Sidoarjosatu.com – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengajak PT. HM. Sampoerna Tbk (Sampoerna) untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo guna mengembangkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Saya ingin Sampoerna dengan Program toko Sampoerna Retail Community (SRC) dapat dikolaborasikan dengan Program Bedah Warung Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopum), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) agar tercipta simbiosis mutualisme,” ucapnya di sela acara launching bedah warung di toko SRC Wildan Jaya Kebaron, Tulangan, pada Selasa (5/9/2023).

Bupati Muhdlor menambahkan bahwa Pemkab Sidoarjo saat ini tengah mengadakan program renovasi 2.000 warung secara bertahap hingga tahun 2026.

“Hal ini sejalan dengan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo yaitu kita targetkan renovasi 2.000 warung hingga nanti tahun 2026, tiap tahunnya kami renovasi 400 warung,” jelasnya.

Ia juga turut mendukung dan mengapresiasi program SRC ini karena mampu menyejahterakan dan menguntungkan pelaku UMKM di Kabupaten Sidoarjo.

“Program SRC ini selain fokus pembaruan secara fisik, juga fokus dengan pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga itu menjadi pengingat bagi kami untuk berbenah kearah yang lebih baik,” ucapnya.

Ia pun juga mengingatkan untuk para pelaku industri agar bersaing sehat sebab saat ini persaingan di industri perdagangan yang semakin ketat, banyak retail-retail besar memperluas jaringan nya sampai ke daerah terpencil.

“Dengan banyaknya persaingan, wajib bagi para pelaku industri untuk bersaing sehat, memiliki semangat yang tinggi, mental tahan banting yang kuat, serta memperbaiki etos kerja agar tidak tetap survive (bertahan),” tutupnya.

Perwakilan Sampoerna yang hadir dalam acara tersebut, Arga Prihatmoko, menyambut baik dan mendukung program Pemkab Sidoarjo untuk perkembangan UMKM, termasuk bagi toko SRC.

“Saya mendukung dan menyambut baik segala program Bupati untuk perkembangan UMKM dan juga toko SRC di Sidoarjo,” ucapnya.

Ia mengatakan, agar kekuatan dan kontribusi sektor UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional dapat terus terjaga, kolaborasi seluruh pemangku kepentingan terkait sangat diperlukan.

“Kami berharap, kolaborasi SRC dengan Pemkab Sidoarjo ke depannya mampu memberikan manfaat secara luas bagi pelaku UMKM di Sidoarjo serta menumbuhkan semangat kita semua untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi Indonesia,” katanya.

Sekedar informasi, di tahun 2023 ini, SRC mendampingi 92 toko kelontong, dengan jumlah toko SRC di Kabupaten Sidoarjo lebih dari 1.500 warung.

Turut hadir Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkopum), Edi Kurniadi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Widiyantoro Basuki, Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD), Ari Suryono, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Heri Suhartono. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.