Danramil 0816/06/ Tanggulangin Hadiri Rakor Terkait Peran Linmas Dalam Kamtibmas

oleh -83 Dilihat
Foto : Rakor Peran Linmas dalam menjaga Kamtibmas di Tanggulangin, (24/7)

Sidoarjosatu.com – Danramil 0816/06 Tanggulangin Kapten Arh Muklis Hariyanto menghadiri rapat koordinasi Ketentraman dan Ketertiban umum (Trantibum) terkait peran Linmas dalam menjaga Kamtibmas tingkat desa di Aula Kantor Kecamatan Tanggulangin Selasa 25 Juli 2023.

Rakor yang dihadiri Forkopimka Tanggulangin tersebut juga dihadiri Mochamad Sochib anggota DPRD Sidoarjo dan anggota Linmas.

Dalam sambutannya, anggota DPRD Sidoarjo Mochammad Sochib, Linmas sangat berperan dalam membantu menangani ketentraman, ketertiban, dan keamanan (Kamtibmas) serta membantu dalam kegiatan kemasyarakatan di tingkat desa.

“Oleh karenanya, anggota Linmas harus siaga apabila dibutuhkan sewaktu-waktu,”ungkapnya.

Tidak terkecuali saat terjadi bencana lanjut Sochib, anggota Linmas harus mampu memberikan perlindungan kepada masyarakat, serta ikut membantu menciptakan situasi yang kondusif di wilayah.

“Linmas harus mampu memperkecil dan mengurangi resiko apabila terjadi bencana,”ucapnya.

Sementara itu Danramil 0816/06 Tanggulangin Kapten Arh Muklis Hariyanto mengatakan, tugas inti dari Linmas Desa yaitu melaksanakan perlindungan Masyarakat, membantu aparat pemerintahan dalam memelihara keamanan, ketentraman, dan ketertiban Masyarakat serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan Desa.

“Linmas merupakan organisasi yang dibentuk oleh Pemerintah Desa yang beranggotakan warga Masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban Masyarakat,”ucap Danramil.

Dijelaskannya, dalam menjalankan tugasnya anggota Linmas harus dibekali berbagai ketrampilan dalam hal penanganan bencana, ancaman gangguan keamanan serta saat membatu tugas dari pemerintahan desa.

“Karena tugas dan perannya itulah, para anggota Linmas harus mengikuti berbagai pelatihan ketrampilan yang diadakan oleh pemerintah,”tandasnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.