,

Dibuka Awal Mei, Pendaftaran Bacaleg Masih Sepi 

oleh -964 Dilihat
Foto : Salah satu petugas Verifikator KPU Sidoarjo tengah menunggu pendaftaran calon legislatif.

Sidoarjosatu.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo belum menerima satupun berkas pendaftaran dari 17 partai politik yang ikut dalam kontestasi Pemilu 2024. KPU telah membuka masa pendaftaran calon legislatif sejak tanggal 1 hingga 14 Mei 2023.

Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas KPU Sidoarjo, Fauzan Adim menyampaikan sampai saat ini belum ada partai politik peserta Pemilu 2024 yang mendaftar.

“Masih belum ada (mendaftar). Kemarin sempat ada salah satu parpol yang konfirmasi mau mendaftar. Tapi ternyata tidak jadi alias ditunda,” Kata Fauzan, Selasa (9/5/2023).

Fauzan menambahkan dalam pendaftaran caleg DPRD memang ada beberapa syarat yang harus di penuhi oleh parpol. Salah satunya, menyertakan SKCK, Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dan surat keterangan bebas dari penyalahgunaan narkotika dan surat keterangan bebas pidana.

“Mungkin mereka (parpol) masih mempersiapkan beberapa persyaratan kelengkapan bacaleg-nya,” tambah Fauzan.

Sementara, Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sidoarjo, Deni Haryanto menyampaikan partainya akan mendaftar ke KPU pada tanggal 11 Mei besok.

“Insyallah hari kamis besok daftar ke KPU Sidoarjo. Memang tidak ada makna khusus di hari itu. Tapi teman-teman hari kamis pas pada puasa,” ujarnya.

Dalam kesempatan berbeda, Ketua DPC Partai Demokrat Sidoarjo, Zahlul Yussar mengatakan akan mendaftar pada hari terakhir. Yakni tanggal 14 Mei.

“Semua caleg di masing-masing dapil sudah siap. Kami memilih tanggal 14 karena sama dengan nomor Partai Demokrat. Besok kami daftar tanggal 14 Pukul 14.00 WIB,” tambah Zahlul. (Had)

No More Posts Available.

No more pages to load.