DPC IKATEMI Sidoarjo dan Poltekkes Surabaya Gelar Penyuluhan Pemeliharaan Peralatan Medis Puskesmas

oleh -1598 Dilihat

 

SIDOARJOterkini – Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Elektromedis Indonesia (DPC IKATEMI) Kabupaten Sidoarjo dan Poltekkes Surabaya menggelar penyuluhan kepada kader Puskesmas terkait pemeliharaan dan fungi peralatan medis, Rabu 14 Juni 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan di ruang pertemuan Dinas Kesehatan Sidoarjo yang bertajuk “Pendampingan Dan Penyuluhan Kader Puskesmas Melalui Edukasi Pentingnya Pemeliharaan Dan Pemantauan Fungsi Peralatan Medis” tersebut diikuti enam Puskesmas di Kabupaten Sidoarjo dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Dr. Fenny Apridawati, S.KM, M.Kes.

Pada kesempatan tersebut Ketua IKATEMI Sidoarjo Akhmad Mukhlis menyampaikan, kegiatan penyuluhan dan pendampingan dilakukan kepada enam Puskesmas yakni Puskesmas Ganting, Medaeng, Trosobo, Sidodadi, Urangagung dan Kepadangan Tulangan.

“Pendampingan dan penyuluhan terkait pentingnya pemeliharaan dan pemantauan peralatan medis diberikan kepada para kader di 6 Puskesmas tersebut,”ungkapnya.

Dikatakannya, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ditujukan sebagai bentuk dukungan jurusan Teknik Elektromedik Politeknik Kesehatan dengan metode edukasi melalui penyuluhan dan layanan, sekaligus untuk mengaplikasikan ilmu sesuai bidang kompetensi yakni elektromedis ke pengguna alat, dalam hal ini Puskesmas yang merupakan titik pelayanan kesehatan masyarakat terdepan.

“Diharapkan para kader di 6 Puskesmas yang menjadi binaan kami, bisa mengaplikasikan apa yang didapat dari kegiatan ini sehingga penanganan alat kesehatan menjadi lebih baik dan sesuai standar operasional peralatan kesehatan,” ucapnya.

Pemantauan di Puskesmas akan dilaksanakan mulai Pada tanggal 13 sampai 14 Juni 2023. Ada 6 tim yang setiap timnya berjumlah 10 personel diantaranya dosen dan mahasiswa.

“Nantinya tim akan melakukan pengenalan, penyuluhan, pendampingan dalam menangani alat kesehatan sesuai standar prosedur penggunaan alat sehingga meminimalisasikan human error saat penggunaan alat ke pasien,”ujarnya.

Direktur Poltekkes Kemenkes Surabaya, Luthfi Rusyadi menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan pengabdian masyarakat, dengan memberikan penyuluhan edukasi kepada para kader puskesmas untuk memantau dan pemeliharaan alat medis. Hal ini merupakan kerjasama antara Poltekkes Kemenkes Surabaya, bersama DPC IKATEMI Sidoarjo dan Dinas Kesehatan Sidoarjo.

“Edukasi akan diberikan kepada para kader pengguna alat medis di Puskesmas serta kita akan melakukan kalibrasi alat-alat yang digunakan di Puskesmas sehingga ada jaminan terhadap alat tersebut saat digunakan,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Dr. Fenny Apridawati, S.KM, M.Kes, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan DPC IKATEMI Sidoarjo bersama Poltekkes Surabaya yang telah memberikan wawasan perihal seputar alat kesehatan dan peralatan kesehatan yang ada di Puskesmas bisa lebih terjaga keamanan dan keakuratannya.

“Kegiatan Pengabdian masyarakat yang digelar sangat bermanfaat dalam memperlakukan alat kesehatan yang benar, sehingga bisa mengurangi kerusakan fatal dari alat kesehatan,”tandasnya.(cles)

No More Posts Available.

No more pages to load.