DWP Sidoarjo Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru dan Pendidik PAUD

oleh -177 Dilihat

 

SIDOARJOterkini – Yayasan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sidoarjo menyelenggarakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka bertempat di Aula SMPN 4 Sidoarjo yang digelar mulai tanggal 13-14 Juni 2023.

Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam penyelenggaraan sistem pembelajaran baik di tingkat pendidikan bawah sampai perguruan tinggi, sehingga penerapan kurikulum ini akan berdampak luas pada anak didik termasuk bagi masyarakat.

Kurikulum sendiri menjadi sebuah patokan dalam penyelenggaraan sistem pembelajaran pada lembaga pendidikan, dengan demikian konsep kurikulum yang wajib dipegang oleh tenaga pendidik adalah kurikulum yang sesuai dengan perkembangan serta peraturan yang telah ditentukan.

Kegiatan workshop diikuti oleh peserta sebanyak 363 orang yang terdiri dari 178 orang pada sesi pertama, dan 185 orang pada sesi kedua ini berasal dari guru dan kalangan pendidik PAUD DWP se-Kabupaten Sidoarjo. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor, S.Hum selaku Pembina Yayasan Dharma Wanita Persatuan Sidoarjo.

“Indonesia menempati peringkat ke-62 dari 70 negara dalam minat membaca. Dampak negatif dari kurangnya minat membaca ini menjadikan masyarakat kita tidak mampu bersaing dengan bangsa lain karena minimnya perkembangan ilmu pengetahuan. Salah satu faktor pemicunya yaitu kurang maksimalnya perkembangan anak pada masa usia emas (golden age)” ujar Sa’adah Ahmad Mudhlor dalam sambutannya. Selasa 13 Juni 2023.

“Dengan diimplementasikannya Kurikulum Merdeka ini pada pembelajaran PAUD, marilah kita maksimalkan perkembangan kognitif anak dengan metode-metode yang menyenangkan. Kita dukung anak-anak untuk menguasai kemampuan dasarnya terlebih dahulu dan tidak ada lagi ujian calistung untuk anak-anak PAUD yang akan masuk SD” tambahnya.

Melalui slogan “Satu Tim Satu Tujuan, Transisi PAUD ke SD Menyenangkan” yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana,  Sudarwanti, M.Pd., Pengurus Yayasan DWP Sidoarjo ingin menjadikan momen yang positif ini untuk saling meningkatkan rasa persatuan dan persaudaraan dalam upaya mencerdaskan anak bangsa yang lebih berkualitas. Penyampaian materi oleh Narasumber Prof. Gunarti Dwi Lestari, M.Si., M.Pd dan Dr. Ng. Tirto Adi MP, M.Pd diikuti dengan sangat antusias oleh peserta.

Jajaran tenaga pendidik diharapkan agar selalu meningkatkan peran strategis yang siap membangun karakter bangsa, meningkatkan perannya dalam membina sekaligus sebagai suri tauladan yang baik bagi peserta didiknya di tengah-tengah masyarakat. (cles)

No More Posts Available.

No more pages to load.