Efek Job Matching BKK Angka Pengangguran Terbuka Lulusan SMK di Sidoarjo Terus Menurun

oleh -244 Dilihat
Foto : Bupati Sidoarjo saat membuka job matching BKK SMK Sidoarjo yang digelar di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sidoarjo, Rabu, 17/5/2023.

SIDOARJOSATU.COM – Tidak bisa dipungkiri, Tingkat Pengangguran Terbuka/TPT masih didominasi lulusan SMK. Meski begitu, Kabupaten Sidoarjo berhasil menekan TPT yang didominasi lulusan SMK tersebut. Dari data BPS di tahun 2020, TPT lulusan SMK sebanyak 15 persen. Angka itu terus menurun. Di tahun 2021 turun menjadi 10,86 persen. Dan tercatat di tahun 2022 kembali menurun menjadi 5,72 persen. Penurunannya cukup drastis.

Melihat hal itu Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP optimis lulusan SMK tidak akan lagi menjadi penyumbang TPT di Kabupaten Sidoarjo. Dirinya mengatakan upaya menekan TPT di Kabupaten Sidoarjo akan terus dilakukan.

Perusahaan-perusahaan didorong bekerjasama dengan sekolah kejuruan menuntaskan permasalahan itu. Salah satunya melalui job matching Bursa Kerja Khusus/BKK SMK. Pelaku usaha dipertemukan dengan pencari kerja.

Ratusan lowongan pekerjaaan disediakan. Perusahaan dapat menemukan calon pekerja sesuai kualifikasi yang diinginkan. Para pencari kerja juga dapat menemukan posisi yang sesuai dengan keahliannya.

“Komitmen Kabupaten Sidoarjo untuk supporting lulusan SMK agar adik-adik kita, agar Sidoarjo menjadi sejahtera, agar TPT terjaga sangat kuat,”ujar Bupati dalam sambutannya membuka job matching BKK SMK Sidoarjo yang digelar di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sidoarjo, Rabu, 17 Mei 2023.

Bupati Muhdlor mengatakan job matching BKK SMK benar-benar berdampak positif menurunkan angka pengangguran. Hasilnya telah terlihat. Dari 15 persen TPT yang disumbang lulusan SMK di tahun 2020, menurun menjadi  5,72 persen di tahun 2022 lalu. Ia beharap penurunan tersebut akan memupus stigma bahwa lulusan SMK menjadi penyumbang terbesar pengangguran di Sidoarjo.

“Dari data tersebut langkah-langkah kerjasama antara sekolah SMK dengan perusahaan terus kita dorong untuk menekan angka pengangguran di kota Delta ini,” terangnya

Muhdlor sendiri mengakui angka pengangguran di Kabupaten Sidoarjo masih tertinggi di Jawa Timur. Namun penurunan TPT juga tertinggi diantara kabupaten kota lainnya di Jatim. Tingginya TPT merupakan dampak pandemi Covid-19. Oleh karenanya permasalahan itu menjadi perhatian serius darinya. Dibuktikannya dalam 17 program prioritas dirinya berupa program 100 ribu lapangan kerja baru.

“Program seperti ini menjadi upaya kita menekan angka pengangguran di Kabupaten Sidoarjo yang relatif tinggi,”ucapnya.

Dalam job matching kali ini diikuti 21 SMK yang tersebar di Kecamatan Tulangan, Krembung, Tanggulangin, Porong dan Kecamatan Jabon. Terdapat 20 perusahaan yang menyediakan 169 lowongan pekerjaan ikut ambil bagian. Seperti PT. SOS Indonesia, PT. Mega Global Food, PT. Sun Paper Source maupun PT. Pakerti Riken Indonesia. (cles)

No More Posts Available.

No more pages to load.