Kabar Gembira, ASN Sidoarjo Terima TPP dan THR Sebelum Lebaran

oleh -215 Dilihat

 

Foto : Komisi A DPRD Sidoarjo saat hearing dengan Pejabat Pemkab Sidoarjo

SIDOARJO – Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Sidoarjo segera mendapatkan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) sekaligus Tunjangan Hari Raya (THR) sebelum lebaran.

Kabar menggembirakan tersebut dikatakan PJ Sekretaris Daerah Sidoarjo Andjar Surjadianto saat rapat dengar pendapat antara Komisi A DPRD Sidoarjo dengan Pejabat di lingkup Pemkab Sidoarjo, Selasa 11 April 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto mengatakan, dalam upaya pencairan TPP tahun 2023 ini, secara kebijakan pihaknya telah menerjunkan tim yang bertugas untuk percepatan.

“Nantinya kurang lebih kalau lancar minggu ini tinggal nunggu untuk persetujuan saja,” ujar Andjar.

Dikatakannya, untuk mengantisipasi molornya pencairan TPP kepada seluruh ASN Sidoarjo, Pemkab berencana akan membayarkan 50% terlebih dahulu yang akan diupayakan cair sebelum lebaran. Tentunya hal tersebut adalah opsi kedua, apabila keseluruhan TPP tidak dapat cair sesuai target.

Sementara itu Kabag Organisasi Pemkab Sidoarjo Arif Mulyono menambahkan secara administratif semua berkas sudah dipenuhi oleh pihaknya dengan mengisi analisa beban kerja yang ada di aplikasi milik Kemendagri terlebih dahulu.

“Karena kita juga tidak ingin nanti begitu kita menerima TPP tetapi bukti dukungnya tidak memenuhi, minimal kan 1350 perjam. Nah kita takut ada salah karena hal ini mengenai uang negara, maka itu dipastikan terlebih dahulu. Mangkanya kehati-hatian dalam penyetoran data dan anjab perlu diperhatikan,” terangnya.

Masih dikatakan Arif, berdasar pada pencatatan yang telah dilalui, pihaknya pada bulan november progresnya sudah mencapai 30 persen lalu meningkat 60 persen di bulan Januari, dan baru bulan februari penuh 100 persen.

Menurutnya, pada bulan Januari 2023 memang harus cair. Namun, karena bukti lampiran (evidence) belum selesai, maka pihaknya belum bisa memproses upload.

“Nah karena administrasinya sudah selesai, kita tinggal nunggu rekom dari kemendagri insyaallah sebelum lebaran sudah dipastikan cair,” imbuhnya.

Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo Dhamroni Chudlori menegaskan, dirinya meminta adanya diskresi kebijakan kepada Pemkab agar bisa mencairkan TPP 50% beserta THR untuk para ASN sebelum lebaran.

“Syukur-syukur kalau tanggal 17 itu bisa selesai semua dan bisa lebih cepat nah harapan kita begitu. Tapi ini alhamdulillah ada Koordinasi, kejelasan, dan jawaban insyaalh tanggal 17 TPP bagi ASN di seluruh Sidoarjo mudah-mudahan bisa cair,” ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan, TPP untuk para ASN di lingkungan Pemkab Sidoarjo l yang akan cair sebelum lebaran total Rp 210 Milyar.

“Ini adalah upaya maksimal kita didalam rangka untuk mendorong tpp di tahun berikutnya tidak sampai molor lagi, meskipun kita tahu bahwa transisi aturan itu kadang-kadang cepat. Ini tadi saya sampaikan ke bagian organisasi untuk antisipasi, manakala ada perubahan-perubahan dari pemerintahan pusat maka kita bisa seger mengantisipasinya,”tandasnya. (cles)

No More Posts Available.

No more pages to load.