Karya Bakti TNI Bombastis, Kodim 0816 Sidoarjo Wujudkan Kesejahteraan Rakyat

oleh -487 Dilihat
Foto :Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo saat menyerahkan sejumlah bantuan (21/7)

Sidoarjosatu.com – Karya Bakti TNI Bombastis digelar Kodim 0816/Sidoarjo yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Dinas DLHK Kab. Sidoarjo, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kab. Sidoarjo, Kepala Desa Sidorejo dan Kepala Desa Rangkah Kidul serta diikuti 250 pasukan upacara. Jumat, (21/7/2023).

Kegiatan karya bakti bombastis tahun 2023 merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan perlombaan kampung Pancasila yang sudah pernah dilaksanakan pada tahun 2022. Dari kegiatan tersebut, sesuai hasil penilaian tim dewan juri dari Korem 084/Bhaskara Jaya, telah menetapkan bahwa Desa Rangkah Kidul Kecamatan Sidoarjo mendapat juara I dan Desa Sidorejo Kecamatan Krian  sebagai juara II.

Dari hasil perlombaan tersebut maka Kodim 0816/Sidoarjo bersama pemerintah daerah Sidoarjo memberikan apresiasi kepada dua desa tersebut untuk dijadikan lokasi sasaran karya bakti TNI bombastis tahun 2023.

Komandan Kodim 0816/Sidoarjo dalam amanatnya menyampaikan, Karya Bakti TNI bombastis merupakan salah satu bagian dari pembinaan teritorial TNI yang bertujuan untuk membangun soliditas dan sinergitas yang kokoh antara Prajurit TNI dengan pemerintah dan komponen masyarakat serta komponen bangsa lainnya dengan harapan dapat meningkatkan kualitas kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan batas waktu selama 30 hari, dengan sasaran yang terdiri dari sasaran fisik dan sasaran non fisik,”tegas Dandim.

Adapun sasaran fisik dari kegiatan ini Lanjut Dandim Sidoarjo, diantaranya di Desa Rangkah Kidul, membangun drainase sepanjang 318 M, dan pembangunan paving sepanjang 250 M. Di Desa Sidorejo, pembangunan satu titik saluran irigasi sepanjang 150 M dan pembangunan Dam pintu air.

“Sedangkan sasaran kegiatan non fisik diantaranya bantuan benih padi sejumlah 250 Kg bibit, pohon pisang sejumlah 500 buah dan bantuan 1 unit kendaraan sampah serta 100 tempat sampah,”ungkapnya.

Dari beberapa bantuan tersebut, Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo berharap agar dirawat dan dipelihara dengan baik, sehingga dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Komandan Kodim 0816/Sidoarjo juga menyerahkan bantuan kepada Kepala Desa Rangkah Kidul dan Kepala Desa Sidorejo berupa 1 unit motor roda tiga, 50 unit tong sampah, 50 unit tong komposter, 250 kg benih padi dan 500 bibit pohon pisang.

“Diharapkan dengan bantuan tersebut mampu terjalin hubungan kerjasama antara aparatur pemerintah desa, dengan pemerintah daerah Sidoarjo serta Kodim 0816/Sidoarjo, untuk secara bersama-sama mewujudkan masyarakat yang aman, nyaman dan sejahtera selama 24 jam,”tandasnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.