KPU Sidoarjo Gelar Pleno Penetapan DPT Pemilu 2024

oleh -412 Dilihat

 

SIDOARJOterkini – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo menyelenggarakan Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024, Rabu malam 21 Juni 2023.

Dalam Pleno Rekapitulasi dan Penetapan DPT tersebut berhasil menerapkan jumlah DPT Pemilu tahun 2024 sebanyak 1.461.642 Pemilih dengan rincian 721.038 orang pemilih laki-laki dan sisanya 740.604 orang pemilih perempuan.

Pada kesempatan tersebut ditetapkan juga jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Lokasi Khusus sejumlah 15 TPS dengan jumlah pemilih Loksus sebanyak 3.860 orang tersebar pada dua Lapas dan dua Rutan yang terletak di Kecamatan, Waru, Sidoarjo, dan Porong.

Berikut adalah rincian jumlah pemilih di TPS Lokasi Khusus di Sidoarjo per 21 Juni 2023
Rutan Kelas 1 A Surabaya [ Medaeng ] Jumlah Pemilih 1.346 Orang tersebar di 5 TPS

Rutan Perempuan Kelas II A [ Porong ] Jumlah Pemilih 194 Orang tersebar di 1 TPS
Lapas kelas I A Surabaya [ Porong ] Jumlah Pemilih 1.518 Orang tersebar di 6 TPS
Lapas Kelas II A Sidoarjo [ Magersari ] Jumlah Pemilih 802 Orang tersebar di 3 TPS

Proses penetapan DPT berlangsung dengan catatan dari bawaslu Sidoarjo terhadap data pemilih yang beralamat RT 00 dan RW 00. Serta konfirmasi kepada Panitia Pemilihan Kecamatan bahwa seluruh saran perbaikan sudah ditindak lanjuti sebelum tanggal 21 Juni 2023.

Konfirmasi PPK dan bukti dukung perbaikan data pemilih dari saran perbaikan Bawaslu membuahkan nihilnya catatan dari Bawaslu dan Partai Politik terhadap Berita Acara Pleno Rekapitulasi dan Penetapan DPT pada tanggal 21 Juni itu.

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo M Iskak sangat mengapresiasi kinerja jajaran badan Ad-Hoc di Kabupaten Sidoarjo, yang tanpa lelah melakukan pemetaan dan perbaikan sejak awal turunnya Daftar Pemilih Potensial [DP4] sampai pada proses penetapan DPT ini.

“Saya sampaikan juga terima kasih kepada jajaran Bawaslu yang telah mengawal dan mengawasi kerja-kerja KPU Kabupaten Sidoarjo sehingga daftar pemilih yang ditetapkan memenuhi indikator Akurasi, dan Mutakhir,” ungkapnya.

Musonif Afandi selaku Divisi Perencanaan Data dan Informasi di KPU Kabupaten Sidoarjo sangat menghargai bantuan dan kerjasama dari stakeholder di luar penyelenggara pemilu seperti Lapas/Rutan yang berlokasi di Sidoarjo, Dinas Dukcapil Kabupaten Sidoarjo, Kapolresta, Kodim, Kejaksaan Sidoarjo dan Partai Politik, yang secara berkala memberikan informasi dan masukan demi tercapainya data pemilih yang komprehensif.

“Informasi dan masukan dari stakeholder sangat berharga untuk terwujudnya data pemilih yang komprehensif,”ucapnya.

KPU Kabupaten Sidoarjo menutup acara Penetapan DPT dengan melakukan pembagian dan dokumentasi Berita Acara Pleno dan SK Salinan Berita Acara, serta A-Data Pemilih Kabupaten Sidoarjo.(cles)

No More Posts Available.

No more pages to load.