KPU Sidoarjo Temui Adanya Bacaleg Ganda Saat Proses Verifikasi Administrasi

oleh -1088 Dilihat
Foto : Ketua KPUD Sidoarjo, M. Iskak

Sidoarjosatu.com – KPUD Sidoarjo menemukan adanya Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Sidoarjo ganda pada pemilu legislatif tahun 2024 mendatang. Temuan itu diketahui KPU saat dilakukan proses verifikasi administrasi Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo dalam Pemilu 2024.

“Ada dua Bacaleg yang diketahui ganda. Cuma identitasnya sementara ini kami rahasiakan dulu,” ujar Ketua KPUD Sidoarjo, M. Iskak, Jumat, (7/7/2023).

Diketahui, Bacaleg tersebut mendaftar di dua parpol berbeda. Meski demikian, pihaknya masih menunggu hingga  proses verifikasi administrasi lanjutan. Dari hasil proses verifikasi administrasi,  tercatat hanya 13 dari 817 bakal calon legislatif (bacaleg) yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS).

“Kita lihat sampai tanggal 9 Juli besok. Jika dua-duanya sama melengkapi baik di partai A atau partai B, maka akan kita lakukan verifikasi kembali,” tegasnya.

Pihaknya juga berencana memanggil parpol terkait untuk memastikan status Bacaleg tersebut. Lantas, bagaimana jika kedua parpol tersebut sama-sama mengakui?, Pihaknya juga akan melakukan klarifikasi terhadap Bacaleg tersebut untuk memilih salah satu partai.

“Tentunya kita akan minta klarifikasi dengan disertai surat pernyataan. Apakah dia memilih partai A atau B. Karena kan enggak mungkin milih dua-duanya,” tandasnya.

Sebelumnya KPU telah merampungkan hasil Verifikasi administrasi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Hasilnya dari total 817 Bacaleg (18 parpol di Sidoarjo) yang mendaftar dan menyerahkan dokumen ke KPU Sidoarjo, baru 13 Bacaleg yang dinyatakan Memenuhi  Syarat (MS), sisanya 804 Bacaleg Belum Memenuhi Syarat (BMS).

Beberapa syarat yang belum dilengkapi, diantaranya Bacaleg belum lengkapi surat kesehatan, surat keterangan bebas pidana dari Pengadilan Negeri, hingga beberapa dokumen yang dirasa kurang semisal identitas diri atau KTP yang rusak, Foto Bacaleg yang tidak jelas maupun kelengkapan di model B-B pernyataan yang tidak dicentang oleh Bacaleg. (Had).

No More Posts Available.

No more pages to load.