Libur Natal dan Tahun Baru Berdampak Pada Peningkatan Ekonomi, Pemerintah Diminta Tetap Waspadai Lonjakan Harga

oleh -152 Dilihat
Foto : Dewan Pakar Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (HIPMIKIMDO) Provinsi Jawa Timur, Heri Cahyo Bagus Setiawan, Minggu, (31/12/2023).

Sidoarjosatu.com – Dewan Pakar Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (HIPMIKIMDO) Provinsi Jawa Timur, Heri Cahyo Bagus Setiawan menilai momentum libur natal dan tahun baru 2024 memberikan dampak yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Mulai dari ritel, transportasi, perhotelan, pariwisata maupun UMKM. Meski demikian, pemerintah daerah tetap diminta untuk terus melakukan pengawasan agar tidak terjadinya lonjakan harga secara signifikan.

Heri Cahyo Bagus Setiawan mengungkapkan moment Natal dan Tahun Baru memang menjadi moment yang paling ditunggu oleh masyarakat luas. Terutama dikalangan pelaku usaha. Bukan tidak mungkin pada moment tersebut, selain bisa menikmati libur panjang, banyak warga masyarakat memilih untuk melakukan wisata baik dengan sanak keluarga maupun kerabat.

“Tentu, ini moment yang sangat bagus bagi pelaku usaha. Dimana terjadinya geliat ekonomi, permintaan pun juga semakin banyak. Nah, inilah yang akan menunjang pergerakan ekonomi,” jelas Heri Cahyo Bagus Setiawan, Minggu, (31/12/2023).

Kendati demikian, Heri mengingatkan agar pemerintah daerah juga turut andil dalam melakukan pengawasan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga, mengingat permintaan yang kian banyak.

“Jangan sampai moment yang dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi peningkatan ekonomi masyarakat, justru menjadi rusak gara-gara lonjakan harga yang semakin tinggi,” tegasnya.

Selain itu, terkait kasus Covid-19 yang kembali marak di beberapa negara Asean, penulis Buku ‘Redesign Bisnis Pasca Pandemi Covid-19’ ini menghimbau agar masyarakat, wisatawan maupun pelaku usaha juga mempertimbangkan dalam menjaga kesehatan dan keselamatan selama Natal dan Tahun Baru.

“Tetap waspada dalam menerapkan protokol kesehatan. Gunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan yang bersih untuk kesehatan bersama agar moment Natal dan tahun baru ini bisa dijalani dengan aman, nyaman, dan menyenangkan,” tandasnya. (Had).

No More Posts Available.

No more pages to load.