Perguruan Silat di Sidoarjo Sepakat Deklarasi Damai

oleh -384 Dilihat

 

Sidoarjosatu.com – Deklarasi Damai perguruan silat diinisiasi Polresta Sidoarjo, Kodim 0816 Sidoarjo beserta Pemkab Sidoarjo dilaksanakan di Mapolresta Sidoarjo, Senin, (22/1/2024).

Sebanyak 24 Ketua perguruan silat yang berada di Kabupaten Sidoarjo menyepakati akan selalu menjaga kondusifitas wilayah Sidoarjo.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Christian Tobing menyampaikan, kesepakatan damai yang sudah dibuat bersama secepatnya diteruskan kepada anggotanya.

“Tolong secepatnya nota deklarasi damai yang sudah disepakati bersama untuk diteruskan ke anggotanya dan dijalankan,”ucap Kapolresta.

Ditegaskan Tobing, setelah dilaksanakan deklarasi damai ini, konflik yang sering terjadi antar perguruan silat harus segera diakhiri.

“Mari kita jaga bersama wilayah Sidoarjo dan ciptakan keamanan, ketertiban serta kenyamanan warga dengan selalu menjaga kerukunan dan persatuan antar perguruan silat,”ungkapnya.

Kapolresta Sidoarjo dengan tegas menyatakan pihaknya tidak akan menolerir lagi segala tindakan yang mengganggu Kamtibmas dan mengancam kondusifitas Sidoarjo.

“Kami akan tindak tegas para pelaku yang mengganggu Kamtibmas dan mengancam kenyamanan warga dan akan memproses sesuai perundang-undangan yang berlaku,”tegasnya.

Komandan Kodim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo menambahkan, pihaknya meminta kepada semua perguruan silat untuk menahan diri dan meminimalisir segala tindakan yang mengancam keamanan dan kenyamanan warga.

“Hindari hal yang merugikan diri dan orang lain seperti konvoi, tawuran atau tindakan negatif lainnya, dan jaga kebesaran nama perguruan silat saudara yang selalu mengajarkan hal kebaikan,”tegasnya.

Dijelaskannya, Kodim 0816 Sidoarjo akan membantu pihak kepolisian dalam menjaga Kamtibmas dan ikut berupaya untuk selalu memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat Sidoarjo.

“Kami akan memback up segala kegiatan yang bertujuan untuk memberikan aman dan nyaman warga,”tegasnya.

Sementara itu Pj Sekda Sidoarjo Andjar Soerjadianto mengungkapkan, konflik yang kerap terjadi melibatkan perguruan silat harus disikapi dengan bijak oleh semua pihak.

“Deklarasi Damai yang sudah dilakukan semoga akan membawa kebaikan dan kemanfaatan yang besar bagi perguruan silat maupun warga Sidoarjo,”tandasnya.

Ketua persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda (PSHW-TM) Sidoarjo Arif Noermanuel menyambut positif deklarasi damai yang diprakarsai oleh Forkopimda Sidoarjo. Nota kesepahaman pada deklarasi yang sudah ditandatangani oleh seluruh Ketua perguruan silat diyakini akan bisa membawa kerukunan dan kebersamaan.

“Mari kita jalankan dengan ikhlas dan konsekuen semua yang disepakati bersama, kita pererat kerukunan dan ciptakan kedamaian di wilayah Sidoarjo,*pungkasnya. (Had)

No More Posts Available.

No more pages to load.