,

Puncak Penanaman Mangrove Nasional serentak Dilaksanakan di Wisata Bahari Tlocor Sidoarjo

oleh -147 Dilihat
Foto : Penanaman mangrove nasional yang bertempat di Wisata Bahari Tlocor Desa Kedungpandan Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Senin, (15/5/2023).

SIDOARJOSATU.COM – Kodim 0816/Sidoarjo bersama Badan Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Brantas dan Forkopimka Jabon melaksanakan puncak penanaman mangrove nasional yang bertempat di Wisata Bahari Tlocor Desa Kedungpandan Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Senin, 15 Mei 2023.

Kegiatan puncak penanaman mangrove nasional ini dilaksanakan secara serentak oleh jajaran TNI seluruh Indonesia dipimpin secara virtual oleh Presiden RI yang terpusat di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Komandan Kodim 0816/Sidoarjo, Kasdim 0816/Sidoarjo, Kepala BPDAS Brantas, Forkopimka Jabon, Danramil jajaran Kodim 0816/Sidoarjo bersama masyarakat serta Pramuka dan KBT.

Pada kesempatan tersebut Kodim 0816/Sidoarjo melaksanakan penanaman sebanyak 1000 Mangrove yang ditanam oleh prajurit Kodim 0816/Sidoarjo bersama Instansi terkait serta masyarakat Sidoarjo. Program yang dilaksanakan bukan hanya penanaman mangrove tapi juga ketahanan pangan dari kearifan lokal di seluruh jajaran dan juga bakti sosial.

Penanaman mangrove bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, menjaga iklim dan cuaca, mencegah abrasi pantai di laut, penyerapan karbondioksida, menjaga kualitas air dan udara, sebagai habitat ikan dan biota laut lain, pereduksi gelombang di pantai.

Hutan mangrove dapat menjadi sumber yang sangat jelas untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. Selain itu, manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman untuk mencegah bencana alam.

Komandan Kodim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Masarum Djati Laksono menyampaikan, dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit dari Kodim 0816/Sidoarjo, Forkopimka Jabon, Instansi terkait dan seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung dan mengikuti kegiatan puncak penanaman mangrove secara serentak yang dilaksanakan di Wisata Bahari Tlocor Desa Kedungpandan Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo.

“Kami harapkan, kegiatan puncak penanaman mangrove nasional ini dapat melindungi pantai dari erosi dan abrasi serta menjaga agar garis pantai tetap stabil dan tidak terkikis oleh terpaan ombak, mampu menyerap energi gelombang yang datang. Selain itu, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan mangrove dengan cara meningkatkan hasil tangkapan nelayan berupa ikan, udang dan kepiting.”tegas Letkol Inf Masarum Djati Laksono. (cles)

No More Posts Available.

No more pages to load.