Ratusan Petugas TPS di Sidoarjo Mengeluh Sakit, Ada Yang Pingsan Hingga Dirujuk Ke RSUD

oleh -933 Dilihat
Foto: Situasi TPS saat Pemilu 2024

Sidoarjosatu.com – Sebanyak 167 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan petugas TPS mengeluh sakit usai bertugas pada Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati, sebanyak 167 anggota KPPS dan petugas TPS mengeluh sakit saat bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Puskesmas keliling yang terus melakukan pemantauan dan memastikan kesehatan para anggota KPPS dan Petugas TPS SE Kabupaten Sidoarjo,”ungkap Kadinkes Sidoarjo, Kamis (15/2)

Dijelaskannya, petugas kesehatan berkeliling dari pagi hingga malam untuk melakukan pemantauan kesehatan para petugas Pemilu di TPS.

“Saat melakukan perhitungan suara, terlebih saat malam hingga dini hari tentu menjadi waktu yang sangat melelahkan bagi petugas di TPS,”ujarnya.

Dikatakan Fenny, dirinya mengintruksikan kepada seluruh tenaga medis (Nakes) untuk selalu siaga dan terus memantau kesehatan para petugas di TPS, karena banyak diantara mereka mengeluh pegal dan sakit punggungnya.

“Duduk yang berjam-jam saat bertugas tentu membuat para petugas pegal,”tuturnya.

Selain itu, dirinya menyebut beberapa petugas TPS banyak mengeluh mual dan tekanan darah serta asam lambung khususnya mereka yang berusia diatas 40 tahun. Beberapa petugas TPS di Tulangan dan Sidoarjo tumbang dilarikan ke Puskesmas.

“Terlalu capek ditambah lagi karena telat makan,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Tulangan dr. Teguh Arif mengatakan satu orang petugas TPS yang tumbang adalah linmas dari Desa Singopadu, Tulangan. “Usianya sudah tua 58 tahun yang dikeluhkan pusing, keringat dingin dan muntah karena sakitnya berlanjut akhirnya dirujuk ke RSUD Sidoarjo untuk mendapatkan penanganan,”ujarnya.

Diungkapkan dr. Erwin Bertha, sekitar pukul 04.00 pihaknya mendapatkan telfon dari salah satu TPS di Desa Kemiri, Sidoarjo, ada anggota KPPS perempuan yang pingsan saat penghitungan suara.

“Pingsan karena kelelahan dan telat makan,”ucapnya.

Sebelumnya pada Rabu malam, Puskemas Sidoarjo kedatangan dua perempuan anggota KPPS ke UGD puskesmas.

“Keluhannya sama juga ada yang mual-mual ada juga yang pusing begitu,” jelasnya. (Had)

No More Posts Available.

No more pages to load.