Stok Beras di Gudang Bulog Aman, Stabilisasi Pasokan Harga Pangan untuk Wilayah Sidoarjo Berjalan Lancar

oleh -3 Dilihat

 

Foto Beras Bulog/ist

SIDOARJO – Stok beras di gudang Bulog Surabaya Utara sangat aman hingga bulan Juni mendatang dan Stabilisasi Pasokan dan harga pangan berjalan sangat lancar. Hal tersebut ditegaskan Kepala Cabang Bulog Surabaya Utara Mara Kamin Siregar saat ditemui SIdoarjoterkini.com di kantornya, Banjar Kemantren Buduran Sidoarjo.

Dijelaskan Mara Kamin Siregar, ada sekitar 10.000 ton stok beras yang ada di gudang Bulog Buduran Sidoarjo yang siap membackup kebutuhan beras murah di Surabaya Raya (Sidoarjo, Surabaya, Gresik) yang diperuntukkan untuk stabilisasi harga beras.

“Jumlah tersebut akan bertambah, dengan penyerapan beras dari daerah saat panen raya,”ungkapnya.

Dikatakannya, hingga saat ini Bulog telah menyalurkan beras murah sekitar 9.000 ton untuk warga di wilayah Surabaya raya. Dan trend harga beras mulai menurun.

“Dan kita akan terus melakukan penyaluran beras medium LN dengan kwalitas bagus hingga ke desa-desa yang membutuhkan pasokan beras dengan berkoordinasi pihak Kepala Desa, Camat dan Kepala Dinas hingga Kepala Daerah,”ujarnya.

Dijelaskan Siregar, pihaknya tidak pernah membatasi jumlah penyaluran beras murah untuk masyarakat dalam upaya stabilisasi harga. Setiap ada permintaan pihaknya akan penuhi

Sempat ada opini setiap kecamatan hanya dijatah 10 ton beras LN. Siregar mengungkapkan wacana 10 Ton per kecamatan itu sebenarnya berkaitan dengan jumlah kemasan beras 5 Kg yang tersedia di gudang Bulog yang akan dibagikan di 18 Kecamatan di Sidoarjo.

“Tapi kalau permintaan lebih dari 10 ton di satu kecamatan maka akan kita kirimkan kemasan 50 Kg yang nantinya akan dikemas 5 Kg an di tingkat desa,”ucapnya.

Untuk menghindari penyalahgunaan beras medium, pihaknya berupaya melakukan pengawasan kepada mitra yang ditunjuk Bulog di pasar-pasar, agar tidak ada permainan harga dan penimbunan beras.

“Tim Satgas pangan dari Polda Jatim dan jajarannya di Polresta akan melakukan penindakan apabila terjadi penjualan harga di bawah HET (Harga Eceran Tertinggi) maupun penimbunan,”tegasnya. (cles)

No More Posts Available.

No more pages to load.