Sukseskan Ketahanan Pangan, Dandim 0816 Sidoarjo Bersama Warga Tanam Padi di Kampung Pancasila Krian

oleh -184 Dilihat
Foto : Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo bersama Stakeholder dan warga saat melakukan penanaman padi di Kampung Pancasila Krian (30/7)

Sidoarjosatu.com – Komandan Kodim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo melakukan penanaman padi dan pisang di Kampung Pancasila Dusun Semampir Desa Sidorejo Kecamatan Krian, Minggu, (30/7/2023).

Dusun Semampir Desa Sidorejo menjadi satu-satunya Kampung Pancasila di wilayah Kabupaten Sidoarjo yang masih aktif dan berkelanjutan dalam mendukung program Pemerintah untuk mensukseskan ketahanan pangan nasional.

Pada kesempatan tersebut Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo menyampaikan, Kodim 0816 Sidoarjo melaksanakan program Ketahanan Pangan sebagai upaya untuk mewujudkan swasembada pangan.

“Dengan menggalakkan Ketahanan Pangan inovasi dan kreasi dilakukan akan bisa memotivasi masyarakat untuk membantu meningkatkan perekonomian,”ungkap Dandim.

Prinsipnya lanjut Dandim, dengan program ketahanan pangan diharapkan pemenuhan kebutuhan pangan cukup dengan kualitas gizi bagi masyarakat secara menyeluruh.

“Dengan begitu ketersediaan kebutuhan konsumsi pangan yang bermutu, aman, beragam, bergizi, merata bisa dijangkau masyarakat,”tegasnya.

Dijelaskan Dandim, pihaknya terus berupaya menggalakkan Ketahanan Pangan dengan memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami dengan baik dan hasilnya bisa diolah menjadi berbagai produk sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Terkait keberadaan Kampung Pancasila, Dirinya berpesan khususnya kepada warga Semampir untuk selalu menjunjung tinggi kebersamaan, gotong royong, saling menghormati (toleransi). Meski warganya mayoritas muslim, namun sikap toleransi dalam beragama harus tetap dijalankan.

“Sangat luar biasa dengan apa yang dilakukan oleh warga Semampir hari ini, kami sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan,”tegasnya.

Sementara itu Kepala Desa Sidorejo Hery Sucipto Achmadi, ST, menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0816 Sidoarjo yang telah melakukan pendampingan pertanian untuk mensukseskan program ketahanan pangan.

“Kepada Pak Dandim dan anggota, kami sampaikan terima kasih telah turun langsung membantu masyarakat menanam padi, dan kami berharap program ketahanan pangan ini bisa terus berkelanjutan di desa kami,”tandasnya.

Hadir pada kegiatan penanaman padi tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo, Anggota DPRD Sidoarjo, Kepala Desa Sidorejo Hery Sucipto Achmadi, ST, dan Ketua RW 06 Dusun Semampir turut mendampingi Komandan Kodim 0816/Sidoarjo dalam kegiatan tersebut.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.