Tiga Pilar Desa Rangkah Kidul Tanamkan Nilai Pancasila Kepada Anak Usia Dini

oleh -57 Dilihat

 

Sidoarjosatu.com – Tiga pilar Desa Rangkah Kidul Kecamatan Sidoarjo memberikan pemahaman nilai-nilai Pancasila kepada siswa dan siswi TK Rangkah Kidul yang bertempat di TK Rangkah Kidul Sidoarjo, Selasa (29/8/2023).

Kepala Desa Rangkah Kidul H. Warlheiyono bersama Babinsa Serda Usri Antono dan Bhabinkamtibmas Aiptu Afif Mashuri, dengan sabar memberikan pemahaman tentang nilai luhur Pancasila kepada para siswa TK Rangkah Kidul. Pemahaman sejak dini diberikan agar terbentuk sebuah karakter yang kuat yang nantinya akan menjadi pondasi dalam kehidupannya ke depan.

“Karena kita tahu, usia anak-anak merupakan usia emas yang akan sangat mudah untuk diberikan pemahaman,”ungkap Kepala Desa Rangkah Kidul H Warlheiyono.

Disampaikannya, penerapan nilai Pancasila sangat penting di era sekarang. Untuk itu, Tiga Pilar Desa Rangkah Kidul mengajak siswa-siswi TK agar bersama mengenal, memahami dan membumikan Pancasila. Hal tersebut merupakan kata kunci implementasi nilai-nilai luhur Pancasila yang harus terus ditumbuhkembangkan oleh generasi penerus bangsa.

“Seluruh anak bangsa harus proaktif untuk menciptakan, membina, mengembangkan, dan memantapkan persatuan dan kesatuan bangsa yang kerap menghadapi potensi perpecahan.” ujarnya.

Bhabinkamtibmas Rangkah Kidul Aiptu Afif Mashuri. mengatakan, Pengenalan dan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila pada anak-anak usia dini, salah satunya dengan mendidik mereka untuk saling menghargai perbedaan. Peran orang tua, tenaga pendidik, dan bahkan tokoh agama serta masyarakat sangat penting untuk mengajarkan perdamaian kepada anak-anak.

“Karena semangat awal persatuan Indonesia lahir dari perbedaan. Hal itu harus terus diingatkan dan ditanamkan sejak dini bagi anak-anak, baik di lingkungan sekolah maupun rumah.” ucap Aiptu Afif Mashuri.

Sementara itu Babinsa Serda Usri Antono mengatakan, Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi pondasi yang menjadikan Indonesia bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Hal ini merupakan tugas dan tanggung jawab bersama untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran warga bangsa ini, dimulai sejak usia dini sampai dewasa. Dengan cara ini diharapkan para siswa-siswi akan semakin mampu meningkatkan rasa Nasionalisme, serta memiliki jiwa Bhinneka Tunggal Ika, persatuan dan kesatuan dalam melaksanakan tugas-tugas di sekolah.

“Kegiatan Pengenalan Pancasila ini merupakan bagian dari rangkaian terbentuknya kampung Pancasila yang ada di wilayah Kabupaten Sidoarjo dalam rangka menumbuhkan pemahaman bagi masyarakat agar peduli dan cinta terhadap tanah air Bangsa Indonesia. Hal ini berfungsi sebagai sarana edukasi masyarakat mulai dari usia dini menghidupkan nilai -nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari dilingkungan masyarakat yang ditengahnya terdapat keragaman, agama, keyakinan dan perbedaan. Sehingga kita semua akan saling menghormati satu sama lainnya,” ujarnya.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.