Tim Yankes Bergerak Pemprov Jatim Layani Sebanyak 563 Masyarakat Di Kepulauan Raas Sumenep

oleh -885 Dilihat
Foto ; Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Pemprov Jatim saat menuju ke Kepulauan Raas Sumenep.

Sidoarjosatu.com (SURABAYA) – Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak Pemprov Jatim terus bersinergi dalam memberikan pelayanan kesehatan di kepulauan terpencil di Jawa Timur. Pelayanan kali ini dilaksanakan selama empat sejak tanggal 17 hingga 20 Mei 2024 di Pulau Raas Kabupaten Sumenep.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Prof. Dr. dr. Erwin Astha Triyono, Sp.PD-KPTI., FINASIM. mengatakan pelayanan kesehatan yang diberikan di Pulau Raas antara lain, layanan kesehatan dasar sesuai permasalahan kondisi setempat dan juga kesehatan spesialistik seperti kesehatan mata, bedah, obgyn dan THT.

“Selama empat hari, Tim Yankes Bergerak melayani sebanyak 563 masyarakat. Dengan rincian 323 pasien spesialistik diantaranya 128 orang tersebut dilakukan tindakan operasi, 92 pasien kesehatan tradisional, dan 148 orang sasaran Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM),” ujar Kadinkes propinsi Jawa Timur dalam keterangan resmi, Rabu (22/05/2024).

Sebagai informasi, Tim Yankes Bergerak yang diterjunkan kali ini sejumlah 60 orang. Yankes Bergerak di Pulau Raas ini mendapat juga dukungan dari RSUD Dr Soetomo, RSUD Haji Prov. Jatim, RSUD Dr Saiful Anwar, RSUD Mohammad Noer, RS Mata Masyarakat Jawa Timur, Organisasi Profesi Kesehatan Tradisional, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan lintas sektor terkait (Dishub, BMKG, dan PT Dharma Dwipa Utama).

Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan (Dishub) mengkonfirmasi bahwa kapal KM. Gandha Nusantara 01 sebagai armada layanan kesehatan bergerak telah sampai di Pulau Raas pada hari Kamis (16/05/2024).

“Armada kapal ini telah beroperasi mendukung kegiatan pelayanan kesehatan sejak tahun 2021 yang merupakan kapal hibah dari Kementerian Perhubungan yang pada tahun 2024 ini dioperasikan oleh PT. Radhika Bahari Nusantara melalui mekanisme E-Katalog,” ujar Kabid Pelayaran Dishub Luhur Prihadi.

Kabid Pelayaran Dishub menambahkan, pada tahun 2024 ini diperkirakan masyarakat kepulauan yang dapat dilayani oleh Yankes Bergerak mampu mencapai 1.200 berdasarkan capaian tahun-tahun sebelumnya. Untuk menjamin mutu layanan di kapal KM Gandha Nusantara dalam pengoperasiannya, Dinas Perhubungan melibatkan pengawas independen untuk menjamin seluruh prosedur dan kegiatan operasional kapal telah sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Mulai dari prosedur keselamatan kapal dan ABK, standar kebersihan kapal, kesesuaian penggunaan bahan bakar bersertifikat resmi. Sertifikasi konstruksi kapal dari BKI dan Kesyahbandaran untuk memastikan kapal layak laut,” imbuh Kabid Pelayaran Dishub.

Perwakilan masyarakat penerima manfaat pelayanan kesehatan bergerak, Ibu Nisa dan bapak Nahar menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Jatim yang telah memberikan layanan kesehatan, harapannya pelayanan seperti ini ditambah dan terus berlanjut.

“Terima kasih kepada pemerintah provinsi Jawa Timur yang sudah memfasilitasi layanan kesehatan di Pulau Raas, yankes bergerak sangat membantu masyarakat karena fasilitas disini tidak seperti pada daerah daratan Jawa Timur. Semoga pelayanan ini sering dilakukan dan berlanjut,” tuturnya.

Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Nyono, menyampaikan kegiatan Pelayanan Kesehatan Bergerak ini merupakan wujud komitmen dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menciptakan kesejahteraan berkeadilan sosial khususnya kebutuhan dasar kesehatan masyarakat kepulauan.

“Dan apresiasi kepada seluruh tim yang ada di lapangan baik dari Dinas Kesehatan, operator kapal dan seluruh yang bertugas serta dukungan positif dari jajaran stakeholder dari Pemerintah Kabupaten Sumenep,” pungkasnya. (Had).

No More Posts Available.

No more pages to load.