,

Tingkatkan Jaminan Mutu Layanan Kepesertaan JKN melalui Aplikasi Mobile JKN

oleh -1709 Dilihat
Foto : Gathering bersama insan media Sidoarjo, Selasa (20/06/2023).

Sidoarjosatu.com – BPJS Kesehatan terus meningkatkan jaminan layanan mutu kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan menghadirkan sebuah aplikasi mobile JKN. Aplikasi pintar ini memiliki sejuta manfaat dan kemudahan, salah satunya mengubah data kepesertaan.

Hal itu disampaikan Staf Bidang Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Kesehatan Sidoarjo, Rini Purwanti saat menggelar  gathering bersama insan media Sidoarjo, Selasa (20/06/2023). Kegiatan bertemakan Temu Peserta Program JKN, Sinergi Program JKN Bersama Komunitas ini membahas pemanfaatan  Aplikasi Mobile JKN. Selain itu, turut hadir dr Nurul Hidayati yang membahas tentang pola hidup sehat.

Menurut Rini, jaminan Mutu Layanan Kepesertaan menjadi kebutuhan penting saat menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Bahkan, BPJS Kesehatan selalu terdepan memberikan ruang multi manfaat, edukasi, informasi dan kantong pengaduan melalui Aplikasi Mobile JKN itu.

Untuk memudahkan layanan tersebut, peserta JKN wajib mengunduh aplikasi melalui appstore atau playstore dan melakukan registrasi (pendaftaran).

“Jadi siapkan terlebih dahulu nomor hp dan dipastikan ada pulsanya. Karena saat registrasi nomor hp akan ada kode One Time Password (OTP) yang akan dikirim melalui layanan pesan singkat Short Message Service (SMS),” terang   Rini.

Aplikasi Mobile JKN merupakan bentuk pengembangan yang dilakukan BPJS Kesehatan dalam memanfaatkan teknologi informasi. Aplikasi tersebut memiliki berbagai manfaat dan kemudahan. Termasuk membantu peserta JKN mendapatkan kemudahan mendaftar dan mengubah data kepesertaan.

Selain itu, peserta juga dapat menggali informasi data peserta dan keluarga, informasi tagihan dan pembayaran iuran serta mendapat pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau Fasiltas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) “termasuk memudahkan dalam menyampaikan pengaduan maupun permintaan informasi seputar program JKN – KIS,” tambahnya.

Disamping itu, BPJS Kesehatan Sidoarjo juga terus berupaya memberikan  Transformasi Mutu Layanan yangbkian memudahkan dalam mendapatkan layanan kesehatan. Salah satunya, inovasi melalui edukasi kepada masyarakat perihal program JKN.

Kami terus berkeliling ke pelosok – pelosok di wilayah Sidoarjo melalui Mobile Customer Service (MCS) dan memberikan informasi melalui pemberitaan diberbagai media,” tambah Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Manusia (SDM) Umum dan Komunikasi Publik, Dody Widodo.

Selain itu, BPJS Kesehatan bersama fasilitas kesehatan akan terus berkolaborasi dalam memberi layanan terbaik kepada peserta JKN. Baik dalam kecepatan informasi maupun  kemudahanan akses layanan. Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat dan stakeholder terkait dalam memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN.

No More Posts Available.

No more pages to load.