Turnamen Biliar ‘Galaxy Open 2023’ Berhadiah Total Rp 89,9 Juta Resmi Dibuka

oleh -38 Dilihat
Foto: Owner Galaxy Pool & Karaoke Wahjoedi HS Basuki (dua dari kiri), Ketua Koni Surabaya Hoslih Abdullah, Ketua Pobsi Tri Didik Adiono, beserta dewan juri foto bersama usai pembukaan.

SIDOARJOSATU – Turnamen biliar ‘Galaxy Open 2023’ memperebutkan total hadiah uang senilai Rp 89,9 juta bertempat di Galaxy Pool & Karaoke, Jalan Pandigiling Nomor 262, Surabaya, resmi dibuka, Minggu, 12 November 2023.

Hadir dalam pembukaan turnamen, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Surabaya Hoslih Abdullah, Ketua Persatuan Olahraga Biliar Indonesia (Pobsi) Surabaya Tri Didik Adiono.

Ketua Koni Surabaya Hoslih Abdullah atau yang akrab disapa Cak Doel mengapresiasi turmanen biliar yang digelar di Surabaya, mulai 12-17 November 2023.

“Tentu yang pertama turnamen ini sangat bagus dan saya sebagai Ketua Koni Surabaya sangat mengapresiasi gelaran turnamen terbuka bagi peserta dari Jawa Timur maupun luar daerah,” kata Cak Doel usai pembukaan.

Cak Doel berharap pertandingan biliar yang dilangsungkan di Galaxy Pool & Karaoke, Jalan Pendegiling Kota Surabaya ini diharapkan bisa mengukur kemampuan atlet biliar Surabaya. Sebab peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur dan luar daerah ikut bertanding.

“Turnamen biliar ini bisa mengukur atlet Kota Surabaya, karena banyak peserta dari daerah lain yang memiliki kekuatan turut serta. Misalnya dari Bali yang kemarin juara umum, dan sekarang ikut dalam turnamen ini,” sambung Cak Doel.

Menurutnya, ini kesempatan untuk mengukur hasil pembinaan, kalau tidak ada peningkatan atlet ini ya harus ditingkatkan lagi oleh Persatuan Olahraga Billiar Seluruh Indonesia (POBSI) Surabaya.

“Tentu gelaran turnamen ini bisa memotivasi untuk meningkatkan pembinaan dan sangat membantu atlet khususnya di Kota Surabaya, dan pada umumnya hingga tingkat nasional levelnya, karena turnamen ini terbuka,” pungkasnya.

Ketua Panitia Turnamen biliar ‘Galaxy Open 2023’, Wahjoedi HS Basuki, owner Galaxy Pool & Karaoke mengatakan, hingga pembukaan sudah ada 300-400 atlet yang mendaftar.

“Bisa jadi akan terus bertambah. Karena hari ini masih penyisihan selama tiga hari. Saat pembukaan tadi juga dihadiri Cak Dollah (Ketua Umum KONI Surabaya Hoslih Abdullah, red) dan Didik Bledek (Ketua POBSI Surabaya Tri Didik Adiono, red),” sambung Wahjoedi, yang juga owner Galaxy Pool & Karaoke.

Ia menegaskan pihaknya menggelar turnamen tahun ini untuk mencari bibit-bibit baru atlet biliar di Jawa Timur, khususnya di Surabaya.

“Potensinya besar, Jawa Timur luar biasa,” cetus Wahjoedi yang juga Wakil Ketua POBSI Surabaya.

Karena itulah, lanjut Wahjoedi, pihaknya tahun 2024 mendatang bakal meningkatkan turnamen biliar ini ke tingat nasional.

“Tadi sudah bicara sama KONI dan Pobsi, tahun depan kita ada turnamen Piala Wali Kota Surabaya, Piala KONI dan Galaxy,” beber Wahjoedi.

Selain mencari bibit baru pebiliar Jawa Timur, turnamen biliar ini sekaligus menyemarakkan peringatan Hari Pahlawan 10 November.

“Stok pebiliar di Jatim ini tidak sedikit. Mulai dari kelas pemula sampai nasional, semua ada. Kemampuannya pun tak kalah dengan provinsi lain. Karena itu, kita berharap melalui Galaxy Open ini para pebiliar Jawa Timur bisa mengasah kemampuannya melawan peserta dari provinsi lainnya,” harap dia.

Sebagai informasi, peserta yang ikut turnamen ini tak hanya dari wilayah Jatim, namun juga di luar Jatim. Sesuai jadwal, babak penyisihan bergulir mulai 12-15 November 2023. Sedanghkan babak utama 16-17 November 2023.

Untuk pemula HC4 dan pratama HC5. Babak penyisihan dengan sistem single elimination. Sedang babak utama 64 sampai 16 besar, dilakukan double elemination di tanggal 16 November 2023. Sedangkan untuk babak utama 16 besar sampai final, digelar 17 November 2023. (SS-1)

No More Posts Available.

No more pages to load.