UPTD Labkesda Sidoarjo Resmi Beroperasi

oleh -370 Dilihat

 

Sidoarjosatu.com – Gedung baru UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo resmi dibuka. Peresmian gedung tersebut ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh PJ Sekretaris Daerah Andjar Soerjadianto dengan dihadiri Ketua DPRD Sidoarjo H Usman serta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo DR Fenny Apridawati M Kes,.Selasa, (6/2/2024).

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Daerah (Labkesda) Sidoarjo yang menempati bekas gedung Puskesmas tersebut, saat ini tidak hanya menyediakan pelayanan pemeriksaan spesimen di laboratorium klinik, tetapi juga menyediakan pelayanan laboratorium kesehatan lingkungan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo DR Fenny Apridawati mengatakan, UPTD Labkesda Surabaya dapat melakukan pemeriksaan spesimen dari manusia berupa darah, urine, sputum, dan cairan tubuh lainnya baik melalui swab atau metode lainnya.

“Selain itu, Labkesda mampu melakukan pemeriksaan sampel untuk mendukung kesehatan lingkungan berupa, sampel air, makanan, minuman, udara ruang, dan limbah,” katanya.

Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Laboratorium Klinik UPTD Labkesda menyediakan layanan pemeriksaan medis klinik yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan perorangan terutama untuk menunjang upaya diagnosis penyakit dan penyembuhan penyakit.

“Untuk laboratorium klinis ini alat belum lengkap, karena itu kami berupaya mendapat hibah dari Kemenkes serta dukungan dana APBD Sidoarjo untuk memaksimalkan layanan kami. Dan Kami berharap masyarakat bisa memperhatikan kesehatannya masing-masing, salah satunya adalah rutin melakukan Medical Check Up karena Labkesda siap memberikan pelayanan prima dengan harga yang terjangkau,” ujarnya.

Dirinya menyebut, Laboratorium Kesehatan Lingkungan menyediakan pemeriksaan di bidang mikrobiologi, fisika, kimia, dan bidang lain yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan masyarakat dan kesehatan lingkungan. Terutama dalam upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan masyarakat.Jenis pengujian Laboratorium Kesehatan Masyarakat adalah Kimia Air, Kimia Makanan dan Minuman, Kimia Limbah, Mikrobiologi Air Dan Limbah, Mikrobiologi Makanan dan Minuman, Usap Alat, dan Udara Ruang.

“Tarif layanan di UPTD Labkesda Sidoarjo sangat terjangkau dan hasil pemeriksaan dapat diperoleh dengan cepat sesuai moto kami yakni ramah, cepat dan tepat,”tuturnya.

Sementara itu Pj Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto mengaku sangat bangga dengan beroperasinya Labkesda Sidoarjo yang akan mempermudah masyarakat maupun lembaga di Sidoarjo untuk melakukan pemeriksaan medis maupun lingkungan.

“Berbagai layanan pemeriksaan laboratorium, bisa dilakukan di Sidoarjo dan ini akan bisa menambah PAD,”ucapnya.

Kepala UPTD Labkesda Sidoarjo, Misad menyampaikan semua sarana dan prasarana yang ada di Labkesda sudah sudah sesuai standar Kemenkes.

“Karenanya, masyarakat maupun ASN tidak perlu khawatir, silahkan datang ke Labkesda karena kami siap melayani dari sisi pemeriksaan medis maupun lingkungan dengan standar yang sudah terjamin dan tidak kalah dengan laboratorium swasta,” katanya. (SS-2).

No More Posts Available.

No more pages to load.