Wabup Subandi Dorong Guk Yuk Cilik Explore Potensi Wisata Sidoarjo Lewat Digitalisasi

oleh -386 Dilihat
Foto : pemilihan Guk & Yuk Cilik Sidoarjo Tahun 2023, digelar di Ballroom Convention Hall Hotel Delta Sinar Mayang, Sidoarjo, Sabtu (1/7). 

Sidoarjosatu.com – Malam puncak pemilihan Guk & Yuk Cilik Sidoarjo Tahun 2023, digelar di Ballroom Convention Hall Hotel Delta Sinar Mayang, Sidoarjo, Sabtu (1/7).  Ajang pelestarian budaya sekaligus menggali potensi bakat, kreativitas, dan kecerdasan para generasi muda, dibuka oleh Wakil Bupati Sidoarjo, H. Subandi, S.H.

Menurut Subandi, Pemilihan Guk Yuk Cilik ini memunculkan talenta anak – anak Sidoarjo. Memupuk kekuatan pemuda Sidoarjo sejak dini dalam membawa Kabupaten Sidoarjo lebih maju di masa mendatang.

Menurutnya, kegiatan semacam ini menjadi bagian dari pembangunan Kabupaten Sidoarjo. Sidoarjo mempunyai potensi besar  terutama sektor pariwisata dan ekonomi. “Saat ini, Sidoarjo memiliki pekerjaan rumah yang besar yakni menekan angka pengangguran terbuka dan mengentaskan kemiskinan. Harapannya Guk Yuk cilik ini nantinya turut berperan aktif  pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif dan sektor lainnya dalam mengatasi pengangguran terbuka dan pengentasan kemiskinan,” jelas Subandi.

Foto : Wabup Sidoarjo H Subandi

Lebih lanjut dia menjelaskan, Pemilihan Guk Yuk Cilik ini jangan hanya seremonial. Anak – anak harus turun ke masyarakat sebagai penggerak kegiatan kepemudaan di Kota Delta ini.

“Manfaatkan digitalisasi untuk mengeksplore potensi Kabupaten Sidoarjo baik ditingkat nasional maupun dunia,” pesannya.

Ketua Panitia, Sandi, mengatakan ajang pemilihan Guk Yuk Cilik Sidoarjo sudah berlangsung selama 15  tahun. Peserta rata- rata tingkat Sekolah Dasar, mulai dari kelas 3  sampai kelas 6 SD. Dikatakannya selepas pemilihan ini, Guk Yuk Cilik terpilih tidak akan dilepas begitu saja. Namun ada program kegiatan dan pembinaan serta pengembangan bakat yang wajib diikuti.

“Salah satu bukti, Yuk Yasinta yang sekarang menjadi runner up 2 Putri Indonesia, ini merupakan produk dari pemilihan Yuk cilik Sidoarjo. Saat ini Yuk Yasinta sedang berkompetisi di Polandia. Mohon dukungannya untuk Yuk Yashinta,” jelasnya.

Ia berharap ajang pemilihan semacam ini nantinya bisa mendongkrak bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Kedua sektor ini menurutnya memiliki sumbangsih yang cukup besar dalam pembangunan.

“Peran duta wisata ini nantinya akan menjadi ikon masyarakat Sidoarjo dalam memperkenalkan budaya, turut membranding Kabupaten Sidoarjo dengan penggalian potensi baik melalui sosial media maupun melalui kegiatan langsung dengan masyarakat,” jelasnya.

Dari hasil penjurian pada malam Grand Final tadi malam, Guk Yuk Cilik Sidoarjo terpilih tahun 2023 diraih Guk Briliant Hafiz Efendi dan Yuk Aurora Febrina Maiseka. Sedangkan Guk Yuk Cilik Favorite disematkan kepada Guk Adrian Wahyuari Yuniarto dan Yuk Jihan  Izzatunnisa Zahra. Untuk kategori Guk Yuk Cilik Berbakat diraih oleh Guk Sabian Nadhir Ramadhan dan Yuk Letisya Narwastu Putri Nugroho. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.