Wabup Subandi Hadiri Sedekah Bumi Desa Temu Prambon

oleh -1505 Dilihat

 

SIDOARJO – Sedekah Bumi (Ruwat Desa) masih menjadi budaya di wilayah Kabupaten Sidoarjo menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Desa Temu Kecamatan Prambon yang berkumpul bersama di Petilasan Gempol Temu, Sabtu 12/03/2023. Moment seperti ini selain dijadikan sebagai momen Bersih Desa juga sebagai bersih diri menjelang ibadah puasa di bulan ramadhan.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi, SH hadir pada acara Sedekah Bumi masyarakat Desa Temu dengan di dampingi Kepala Desa Temu Petty Fitri Anna serta Forkopimka Prambon.

Wabup Subandi menyampaikan bahwa acara ini diselanggarakan untuk mengharap berkah dan ampunan dari Allah SWT sebelum memasuki bulan Ramadhan  agar dalam menjalankan ibadah dalam keadaan bersih, meninggalkan konflik dan hal yang dapat memecahkan kerukunan masyarakat.

“Saya selaku pimpinan daerah memberikan penghormatan dan penghargaan setinggi-tingginya terutama kepada Kepala Desa ibu Petty dalam menyelenggarakan ruwat desa ini, dimana saya sangat berbahagia melihat antusias warga yang terlihat guyub dan rukun pada hari ini. Kita patut bersyukur kepada Allah SWT Karena pada hari ini kita diberi kesempatan dan nikmat sehat sehingga kita bersama-sama hadir di sini guyub rukun dalam acara sedekah bumi memohon berkah bersama-sama membersihkan diri mohon ampun kepada Allah SWT,”sampainya.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati juga menyampaikan santunan kepada anak yatim dan masyarakat yang kurang mampu serta janda dengan tujuan mengharapkan banyak berkah pada momen sedekah bumi pada hari ini. Selain itu ia juga menyampaikan kepada masyarakat jika masyarakat sudah guyub rukun maka kepala desa akan memimpin desa dengan baik. Visi dan misinya akan berjalan dengan maksimal ditambah lagi pemerintah dan masyarakat memberikan support yang maksimal kepada Kepala Desa maka jalan pemerintahan desa akan berjalan lancar. Diharapkannya dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini roda pemerintahan Desa Temu dan juga Pemerintah Kabupaten Sidoarjo semakin dimudahkan.

“Kegiatan ini merupakan ikhtiar bersama, para petani hasil panennya bagus dan melimpah mudah-mudahan hasilnya bagus dan melimpah bagi yang berkebun pun sama, kepada anak-anak yang hadir pada hari ini dijadikan anak yang shaleh dan salikhah serta nikmat sehat dapat dinikmati bersama,”ujarnya.

Dalam kesempatan itu Wabup Subandi sempat menanyakan kepada warga prihal keikutsertaan BPJS Kesehatan. Ia meminta kepada kepada Kades untuk mendata warga kurang mampu yang belum memiliki BPJS Kesehatan. Setelah itu nantinya Pemkab Sidoarjo akan memfasilitasi hal itu.

“Apakah semua sudah mempunyai BPJS kelas tiga ?, jika belum mohon kepada Bu Kades untuk segera mengkoordinasikan/mendata warga kita yang belum punya BPJS kelas 3 nanti berikan kepada kami maka akan diuruskan BPJS nya biar nanti warga yang ingin berobat atau membutuhkan layanan kesehatan maka tidak akan kesulitan dan repot,” sampainya.

“Apalagi setelah masa pandemi kemarin banyak yang di rumahkan/PHK, serta usaha-usaha berhenti, mudah-mudahan dengan ikhtiar kita bersama-sama, doa bersama pada hari ini mudah-mudahan menjadikan kemudahan dan berkah bagi kita semua,” tambahnya mengakiri sambutan. (cles)

No More Posts Available.

No more pages to load.