Dengan Lampu Sorot Led Bandell, Gelora Delta Sidoarjo Telah Penuhi Standar Pencahayaan dari PSSI dan FIFA

oleh -1214 Dilihat
Foto : tim ahli saat melakukan tes uji coba penerangan gelora Delta Sidoarjo, Selasa, (11/7/2023)

Sidoarjosatu.com – Lampu sorot Led Bandell menjadi lampu penerangan stadion Gelora Delta Sidoarjo. Dengan pencahayaan kuat dan memenuhi standar dari PSSI maupun FIFA, Stadion Gelora Delta layak menggelar even sepak bola baik tingkat nasional maupun Internasional.

Uji coba lampu sorot LED Bandell type TSL 1.000 Watt yang dilakukan tim ahli pada Selasa (17/7) malam menyebutkan, penerangan yang dihasilkan sangat kuat pencahayaannya dan melebihi kualitas pencahayaan di sejumlah stadion besar di tanah air.

Tim Ahli Independen Ir H Gatut Budiono, MSc, IPU menyebutkan, Lampu sorot Led Bandell type TSL 1.000 Watt sebanyak 168 unit yang dipasang di empat menara Stadion Gelora Delta Sidoarjo terukur lux level average di angka 1.700 lux. Padahal, standar PSSI maupun FIFA rata-rata sudut kuat cahaya lampu sorot itu sebesar 1.300 lux.

“Uji coba hari ini, hasilnya sudah luar biasa untuk sekelas Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Bisa jadi lampu di Stadion Gelora Delta Sidoarjo ini menjadi stadion paling kuat cahaya lampu di Indonesia berdasarkan syarat lux level average dari PSSI sebesar 1.300 lux. Begitu pun standar FIFA untuk kuat cahaya di stadion sepakbola outdoor 200 lux untuk latihan (training), 400 lux untuk kompetisi amatir dan 600 lux untuk kompetisi profesional,” ucap Gatut, saat test aiming iluminasi lampu sorot Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Dijelaskan Gatut, dengan lampu penerangan baru yang menghasilkan pencahayaan sebesar 1.300 lux yang disyaratkan PSSI agar pertandingan sepak bola bisa disiarkan oleh televisi nasional telah terpenuhi.

“Dengan kekuatan cahaya 1.300-1.400 lux, televisi nasional bisa melakukan peliputan shooting (pengambilan) gambar dari jarak 150 meter. Kemudian untuk siaran langsung Televisi Internasional membutuhkan 1.400 -1.700 lux dengan jarak tembak (kamera televisi ke objek gambar) shooting 150 meter.

“Hasil ini bisa disimpulkan Stadion Gelora Delta Sidoarjo dengan kuat cahaya lampu stadion yang mencapai 1.700 lux itu, bisa digunakan untuk siaran Televisi Nasional dan Internasional sesuai yang disyaratkan FIFA. Bahkan ke depan PSSI Pengcab Sidoarjo bisa mengundang klub elite Eropa dan Amerika Latin untuk berlaga malam hari di Stadion Gelora Delta Sidoarjo ini. Agar prestasi Pemkab Sidoarjo bisa semakin menasional dan stadion ini bisa menjadi stadion kebanggan warga Sidoarjo,” ujar Gatut.

Hadir dalam uji coba Gatut Budiono yang juga Dekan Fakultas Volasi Untag Surabaya ini didampingi sejumlah tim ahli lainnya. Diantaranya Ir H Hadi Tasmono, MT, IPU yang juga dosen Teknik Elektro Fakultas Teknik Untag Surabaya dan dosen Teknik Elektro STT-PLN. Selain itu, terdapat Ir H Sugiono, MM, IPU (Ahli Utama APEI Jawa Timur) dan H Ary Mulyanto, ST (Ahli Utama APEI Jawa Timur).

Lampu Bandell merupakan lampu brand lokal yang sudah menasional. Produk lampu ini asli dari Sidoarjo sekaligus putra daerah yang diproduksi PT Sarana Karya Solusindo (PT SKS) dengan site pabrik di JL Raya Lingkar Timur, Buduran, Sidoarjo. Sedangkan pekerjaan pemasangan lampu sorot led dan kabel listrik maupun kontrolnya dikerjakan PT Sarana Berkarya Sejahtera yang juga dari Sidoarjo yang beralamat di Perum Jenggolo Asri, Desa Sidokerto, Kecamatan Buduran, Sidoarjo.

Direktur PT Sarana Karya Solusindo (PT SKS), Reza Kurniawan menegaskan jika berdasarkan hasil uji coba itu sudut pencahayaan jauh lebih terang. Kemudian teknologinya juga jauh lebih berkembang dari lampu sebelumnya yang masih secara manual.

“Sekarang lampu Stadion Gelora Delta Sidoarjo sudah lebih canggih bisa disetting by system. Bahkan sudah setingkat Stadium Internasional. Di Indonesia misalnya setara dengan Jakarta International Stadium (JIS), Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta dan Gelora Bung Tomo (GBT) di Surabaya.
Se Indonesia hanya ada 4, rencananya menyusul Stadion Segiri Samarinda,” jelas Reza Kurniawan.

Tidak hanya itu, kelebihan lainnya saat supplay power maintenancenya kurang baik maka lampu sorot LED waktu menyalanya lebih cepat (secara langsung). Hal ini tidak butuh waktu seperti lampu lama yang terpasang sebelumnya.

“Waktu hidupnya lebih cepat dan sekali nyala langsung terang 1.700 Lux. Bahkan saat gol pun bisa disetting untuk selebrasi dan mengeluarkan cahaya bertuliskan GOL. Penerangan Stadion Delta ini sudah bertaraf Internasional. Diluar negeri misalnya sudah seperti stadion milik MU, Juventus dan Real Madrid,” ungkapnya.

Sementara itu, Plh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pemkab Sidoarjo, Martha menegaskan setelah adanya pergantian lampu sorot LED dengan rerata cahaya 1.700 Lux, maka Stadion Gelora Delta Sidoarjo masuk stadion terbaik secara nasional. Bahkan mengalahkan JIS, GBK dan GBT yang masih mengandalkan lampu tribun. Di Stadion Gelora Delta Sidoarjo hanya mengandalkan lampu sorot di empat titik tower.

“Kalau lampu lama pencahayaannya 800 Lux dan standar PSSI 1.300 Lux, sekarang Stadion Gelora Delta Sidoarjo pencahayaannya sudah mencapai 1.700 Lux. Artinya tidak hanya siap untuk Porprov Jatim saja, karena target ideal kami penggantian lampu ini dengan nilai tertinggi. Jadi ya bukan hanya siap buat pertandingan (laga) bagi PSSI saja, untuk standar FIFA pun sudah terpenuhi semua,” pungkas Martha yang juga menjabat Sekretaris Disporapar Pemkab Sidoarjo.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.