Kabupaten Sidoarjo Jadi Tempat Studi Tiru Kabupaten OKU Timur Karena Prestasinya

oleh -111 Dilihat

 

SIDOARJOterkini – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan melakukan studi tiru ke Kabupaten Sidoarjo. Pemkab OKU Timur menilai Kabupaten Sidoarjo telah banyak meraih prestasi dalam tata kelola pemerintah. Hal itu yang menjadi alasan studi tiru Pemkab OKU Timur ke Kabupaten Sidoarjo.

Rombongan Pemkab OKU Timur yang dipimpin langsung Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H.  tiba di Kabupaten Sidoarjo, Senin, 19 Juni 2023. Rombongan diterima langsung oleh Wakil Bupati Sidoarjo, H. Subandi, S.H., di Ruang Delta Wicaksana, Setda Kabupaten Sidoarjo.

Wakil Bupati Sidoarjo, H. Subandi senang atas kedatangan rombongan studi tiru dari Kabupaten OKU Timur. Ia menyampaikan terima kasih, karena telah memilih Kabupaten Sidoarjo sebagai tempat untuk studi tiru, dan sebagai rujukan informasi tentang pemerintahan.

“Harapan saya kunjungan kerja seperti ini akan memberikan manfaat kedua belah pihak dalam memajukan daerahnya masing-masing. Mudah-mudahan studi  ini menjadi referensi ilmu bagi daerah masing-masing untuk memajukan pelayanan publiknya,” ucapnya.

Menurut Subandi, berbagai inovasi telah berhasil diciptakan oleh Pemkab Sidoarjo. Baik inovasi internal dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan maupun inovasi pelayanan publik yang berdampak langsung kepada masyarakat. Menurutnya inovasi-inovasi seperti ini merupakan salah satu wujud visi Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, yakni mewujudkan Kabupaten Sidoarjo yang Sejahtera, Maju, Berkarakter dan Berkelanjutan.

“Inovasi pelayanan publik yang menghantarkan Pemkab Sidoarjo meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2022 dari Kementerian Dalam Negeri. Tahun kemarin, inovasi Sipraja (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo) menjadi salah satu inovasi pelayanan publik terbaik Kabupaten Sidoarjo di ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) 2021 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” lanjutnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Kabupaten Sidoarjo telah ditetapkan sebagai salah satu kabupaten dengan predikat sangat inovatif oleh Kemendagri. Kerja keras dan kerja cerdas perangkat daerah Pemkab Sidoarjo juga berhasil meraih penghargaan Innovative Government Award tahun 2022 itu. Diakhir bulan Mei 2023, Kabupaten Sidoarjo juga meraih E-Purchasing Award 2023 peringkat V.

Dalam menerima kunjungan Kabupaten OKU Timur, ia didampingi Kepala OPD terkait, diantaranya Kepala Bappeda, Kepala Disdukcapil, Plt.Kepala BKD Sidoarjo, Kepala DLHK Sidoarjo, Kabag Organisasi, dan beberapa OPD lainnya.

Sementara, Wakil Bupati OKU Timur  H.M. Adi Nugraha Purna Yudha mengakui bahwa banyaknya inovasi pelayanan publik telah dilahirkan Kabupaten Sidoarjo. Seperti aplikasi Sipraja, Sipadu, Siksda maupun E Buddy yang telah tercipta. Banyaknya inovasi tersebut menjadi dasar dirinya untuk menimba ilmu ke Kabupaten Sidoarjo. Ia katakan juga bahwa Kemendagri juga menyarankan Kabupaten OKU Timur memilih  Kabupaten Sidoarjo sebagai lokus untuk menimba ilmu.

“Kami datang ke Kabupaten Sidoarjo untuk studi comparative.  Kita ingin mencontoh inovasi yang dikembangkan Kabupaten Sidoarjo hingga mendapatkan penghargaan Innovative Government Award,” ungkapnya.

“Agar ilmu yang kita dapatkan maksimal, saya mengajak beberapa  kepala OPD terkait untuk studi tiru,” tambahnya.

Dari hasil kunjungannya ke Kabupaten Sidoarjo, Adi Nugraha berharap OPD OKU Timur dapat menirunya. Diakhir kunjungan dilaksanakan tukar cenderamata oleh Wakil Bupati OKU Timur  dan Wakil Bupati  Sidoarjo.(cles)

No More Posts Available.

No more pages to load.