Mencetak Da’i Muda ; PD IKADI Sidoarjo Ajak Ratusan Muda-Mudi Ikuti Sekolah Da’i 

oleh -153 Dilihat
Foto : Kegiatan Sekolah Da'i yang digelar PD IKADI Sidoarjo, Minggu, (9/7/2023)

Sidoarjosatu.com – Pengurus Daerah Ikatan Da’i Indonesia (PD IKADI) Kabupaten Sidoarjo bekerjasama dengan komunitas Pemuda Hebat Sidoarjo menggelar kegiatan sekolah Da’i muda bertempat di Royan Caravan Hotel Trawas, Minggu, (9/7/2023).

Kegiatan yang diikuti sebanyak 110 kalangan muda-mudi di Sidoarjo digelar selama dua hari sejak Sabtu 8 hingga Minggu 9 Juli 2023. Dalam kegiatan yang bertemakan “Pemuda Hebat Ciptakan Bangsa Yang Kuat” dihadiri Ketua IKADI Sidoarjo, Ustadz H.Agus Yunif Anwaruddin, Pembina IKADI, Ustadz Joko Pitoyo, Dai Muda IKADI (Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Kairo), Ustadz Achmad Dhiyauddin Zuhdi, dan Master Trainer, coach Rio Purboyo.

Ketua IKADI Kabupaten Sidoarjo, Ustadz Agus Yunif mengatakan dakwah merupakan tugas dan tanggungjawab kaum muslimin seluruhnya. Sedangkan perintah berdakwah sudah jelas termaktub dalam AlQuran surat an nahl 125 :

اُدْعُ اِلٰى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُۗ اِنَّ رَبَّكَ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهٖ وَهُوَ اَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ

Artinya, “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.

Oleh karenanya PD IKADI Sidoarjo bekerjasama dengan komunitas Pemuda Hebat Sidoarjo mengadakan sekolah dai muda untuk membekali para pemuda sebagai penerus estafet perjuangan pendiri bangsa termasuk para ulama dan orang tuanya.

“Lakukan segala hal karena Allah SWT, bukan karena lainnya supaya perbuatan yang kita lakukan tidak sia-sia. Karena tujuan dari penciptaan manusia adalah hanya beribadah,” jelas Agus Yunif.

Pemuda hari ini, lanjut Alumni Ponpes Denanyar Jombang, adalah pemimpin dimasa mendatang oleh karenanya pemuda harus Terus berupaya membekali diri dengan ilmu setinggi mungkin. Terutama ilmu khal (ilmu yang berkaitan dengan sah tidaknya suatu amal ibadah). Karena seseorang yang tidak punya sesuatu, tidak akan bisa memberikan sesuatu. Begitupun dengan ilmu-ilmu lainnya.

Disamping itu, Ustadz Agus Yunif juga berpesan kepada para Da’i muda agar senantiasa berbakti kepada kedua orang tua sebagai jalan agar dimudahkan segala urusannya.

“Kaki mengajak para generasi muda yang hadir untuk senantiasa menjadi muslim yang bersemangat dan berdaya guna dalam segala hal termasuk ekonomi. Sehingga bisa lebih banyak membantu sesamanya,” tambah Pembina IKADI.

PD IKADI Sidoarjo berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan generasi penerus bangsa yang tidak saja bermanfaat bagi dirinya, melainkan keluarga, masyarakat, agama bangsa dan negara. (Had)

No More Posts Available.

No more pages to load.