Perkuat Ekonomi Mikro, Bupati Sidoarjo Targetkan 400 Warung Rakyat Direnovasi Tahun 2023

oleh -362 Dilihat
Foto : Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat membuka acara Sosialisasi Program Warung Rakyat Direnovasi Tahun Anggaran 2023 di Hotel Luminor Sidoarjo, Senin (5/6/2023).

Sidoarjosatu.com – Warung Rakyat Direnovasi kembali dibuka untuk tahun 2023.Warung Rakyat Direnovasi ini menjadi salah satu dari tujuh belas program pokok Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor dan Wakil Bupati Sidoarjo Subandi yang masuk pada anggaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021 hingga tahun 2026 yakni sebanyak 2.000 warung direnovasi.

“Sehingga, per tahun ditargetkan 400 warung direnovasi. Jumlah tersebut telah terealisasi sebanyak 393 warung direnovasi di tahun 2022,” kata Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat membuka acara Sosialisasi Program Warung Rakyat Direnovasi Tahun Anggaran 2023 di Hotel Luminor Sidoarjo, Senin 5 Juni 2023.

Bupati Sidoarjo mengatakan program warung direnovasi tahun 2023 ini, diharapkan mampu menjaring sebanyak 400 warung. Untuk dapat mencapai target, mekanisme tahun 2023 ini berbeda dengan tahun 2022 lalu.

“Belajar dari tak sesuainya target selisih 7 warung yang direnovasi dari target 400 warung hanya mencapai 393 warung direnovasi, maka tahun 2022 ini kami ganti mekanisme menjadi mekanisme swakelola atau melibatkan kelompok masyarakat (pokmas) setempat untuk realisasinya, sedangkan tahun lalu kami menggunakan sistem lelang yang mana terpotong 10 persen untuk pajak,” ujarnya.

Bupati  Muhdlor berharap dengan adanya program warung rakyat direnovasi ini mampu menjadikan retail tradisional atau toko kelontong mampu tetap survive (bertahan) dengan gempuran banyaknya retail modern yang tersebar di banyak daerah.

“Kuncinya adalah saya ingin retail tradisional atau toko kelontong di Sidoarjo ini harus tahan banting, meningkatkan etos kerjanya dan semangatnya, sehingga tidak mudah tersaingi dengan retail modern. Ditambah lagi, saya harapkan toko kelontong memiliki effort (upaya) ekstra,” katanya.

Ia menambahkan, Program Warung Rakyat direnovasi ini menjadi salah satu upaya agar mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sidoarjo pada umumnya, dan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat Sidoarjo pada khusunya.

“Mulai saat ini toko kelontong harus memberikan daya tawar yang lebih, pelayanan yang lebih dibandingkan toko modern. Saya juga terus fokus untuk memperkuat ekonomi mikro sebab jauh lebih penting dibandingkan ekonomi makro. Sebab dengan menyentuh langsung wong cilik ini, banyak memberikan efek domino yaitu perputaran uang yang hanya di Sidoarjo saja,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo, Mohamad Edi Kurniadi mengatakan target Warung Rakyat Direnovasi tahun 2023 adalah sebanyak 400 warung dengan sasaran sebanyak 6 (enam) Kecamatan yaitu Kecamatan Buduran, kecamatan Gedangan, Kecamatan Waru, Kecamatan Taman, Kecamatan Wonoayu, dan Kecamatan Balongbendo.

“Kami harap dengan skema yang berbeda tahun ini, bisa menjaring sesuai target yaitu 400 warung rakyat yang akan direnovasi. Selain itu sasaran warung yang akan di renovasi adalah warung makanan, warung minuman, dan warung kelontong,” jelas Edi.

Sosialisasi Warung rakyat direnovasi ini juga dihadiri oleh Forkopimda, OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Camat seluruh Sidoarjo, dan Perwakilan Kasi Perekonomian di 18 Kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. (cles)

No More Posts Available.

No more pages to load.