DLHK Sidoarjo Kenalkan Cara Baru Ekosistem Sungai Dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 

oleh -716 Dilihat
Foto : Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Bahrul Amiq saat memperkenalkan cara baru dalam ekosistem sungai, Senin, (5/6/2023)

Sidoarjosatu.com – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo membuat terobosan baru dalam merubah ekosistem sungai menjadi lebih baik. Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Kepala DLHK Sidoarjo, Bahrul Amig mengatakan terobosan baru yang dimaksud dalam merubah ekosistem sungai melalui bulatan-bulatan tanah liat yang dibuat dari campuran kotoran hewan seperti sapi dan kambing serta dicampuri cairan eco lindi,

“Ini merupakan cara baru dalam merawat dan menjaga lingkungan terutama sungai.” Ujar Bahrul Amiq, Senin, (5/6/2023).

Menurutnya upaya terobosan eco sungai ini sengaja diproyeksikan terlebih dahulu di Sungai yang ada di Desa Siwalanpanji, Buduran sebelum nantinya terobosan ini akan disebar ke seluruh sungai yang ada di Kota Delta.

“Untuk meyakinkan masyarakat dan bisa terus dilakukan evaluasi. Nantinya hasil proyeksi akan kita uji lab. Sehingga pertanggungjawaban kualitas lingkungan dan metode yang terukur dapat terlihat,” terangnya.

Amig menyadari, bahwa selama ini tingkat pencemaran lingkungan khususnya di sungai masih cukup tinggi. Oleh karenanya, eco sungai yang diperkenalkan saat hari lingkungan hidup ini, salah satu fungsinya adalah untuk merestorasikan air sungai di Sidoarjo.

Selain itu, kata Amig, tujuan dari eco sungai ini juga untuk memperbaiki kualitas air sungai, dan mendorong kesadaran masyarakat untuk mencintai sungai agar tidak di buangi dengan sampah.

“Momentumnya jita jadikan sekarang adalah sungai menjadi berkah, bukan kagi sungai yang hanua sekadar sungai yang kemudian dikriminalisasi dengan pembuangan sampah seenaknya sendiri,” terangnya.

Dalam pengaplikasiannya, tambah Amig, efek daripada eco sungai tersebut dapat dilihat secara signifikan setelah tujuh hari. Salah satu perubahannya adalah dinamika biota air seperti ikan dan hewan lainnya dapat berkembang biak karena ekosistem sungai kembali berjalan dengan baik. (Had)

No More Posts Available.

No more pages to load.