Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Oppo A78 5G

oleh -1221 Dilihat

 

(SIDOARJOterkini) – Memasuki tahun 2023, banyak brand handphone yang mulai berlomba-lomba untuk meluncurkan produk-produk terbaru mereka. Salah satunya adalah Oppo yang meluncurkan Oppo A78 5G di tahun 2023 ini.

Oppo A78 5G ini memiliki sejumlah keunggulan dan kekurangannya, Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan dari handphone Oppo terbaru ini.

Spesifikasi Oppo A78 5G

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli Oppo A78 5G ini, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu seperti apa spesifikasinya. Berikut merupakan deretan spesifikasi yang dimiliki Oppo A78 5G.

  • Layar : IPS LCD 6,56 inch
  • Chipset : MediaTek Dimensity 700
  • RAM : 8 GB
  • Memori internal : 128 GB
  • Kamera : 50 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh
  • OS : Android 12, Color OS 13
  • Sensor : Fingerprint, akselerometer, cahaya, giroskop, proksimitas, kompas
  • Warna : Glowing Black, Glowing Purple

Oppo A78 5G memiliki tampilan yang cukup elegan dan minimalis. Namun, hanya saja di bagian belakang yang terdapat kamera masih memiliki kesan penuh terhadap bodi handphone. Hal tersebut karena sangat terlihat background dari kamera yang terpasang.

Walaupun demikian, handphone keluaran Oppo ini menawarkan harga yang cukup terjangkau di kelasnya. Handphone ini dibanderol hanya sekitar 3,8 jutaan rupiah saja. Anda bisa mendapatkan rekomendasi harga terbaik apabila membelinya secara online di Official Store di Blibli.

Kelebihan Oppo A78 5G
Untuk Anda yang ingin membeli handphone Oppo ini, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja kelebihan yang ditawarkan handphone ini kepada konsumen. Di bawah ini merupakan deretan kelebihannya.

   1. Layar Berkualitas Baik
Oppo A78 termasuk salah satu smartphone yang mengandalkan layarnya untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Walaupun hanya menggunakan layar IPS LCD, namun terbilang unggul dari sisi laju penyegaran. Tidak hanya itu saja, Oppo A78 ini juga mempunyai refresh rate hingga 90 Hz.

Handphone dengan resolusi layar 6,56 inch ini juga memiliki resolusi HD+ 720 x 1612 piksel pada aspek rasio 20:9. Lalu, layarnya juga diketahui memiliki kerapatan piksel sebesar 269 ppi.

 2 Sangat Cocok untuk Bermain Game
Bagi Anda yang suka bermain game, mungkin Oppo A78 5G ini bisa menjadi rekomendasi handphone yang tepat untuk Anda. Hal ini karena Oppo A78 5G memiliki performa yang cukup bagus untuk bermain game. DIbekali chipset Dimensity 700 yang berfabrikasi 7 nm, menjadikan performa handphone sangat baik saat bermain game.

Bahkan, handphone ini memiliki performa yang sangat lancar ketika melakukan navigasi antarmuka. Berjalan cepat ketika membuka aplikasi tanpa adanya lag yang terdeteksi. Selain itu, juga masih berjalan sangat baik untuk aplikasi yang berjalan di latar belakang.

  3. Kemampuan Fotografi yang Mendukung
Keberadaan kamera sudah sangat penting di era sekarang. Oppo A78 5G ini juga menggunakan kamera dengan sensor 50 MP pada bukaan diafragma f/1.8 dengan focal length sebesar 27 mm.

Untuk kamera lainnya memiliki resolusi 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 dengan fungsi depth sensor. Tidak hanya itu saja, handphone ini juga memiliki kamera depan berukuran 8 MP pada bukaan f/2.0 dan focal length sebesar 27 mm yang pastinya sangat cocok digunakan untuk selfie yang berkualitas bagus.

Kekurangan Oppo A78 5G
Selain ada kelebihan, tentu ada kekurangan. Ini dia beberapa kekurangan yang dimiliki Oppo A78 5G.

   1. Tidak ada Ultrawide
Kekurangan pertama yang dimiliki Oppo A78 5G ialah tidak ada ultrawide. Kamera Oppo sebenarnya sudah cukup bagus, namun ada kekurangan yang menjadi deal breaker bagi sebagian orang, apalagi bagi Anda yang sering bepergian ke tempat alam. Mengapa?

Hal ini karena handphone Oppo A78 5G tidak memiliki sensor ultrawide, karena kekurangan inilah yang menjadikan handphone tidak bisa mengambil gambar pada sudut keluasan yang tinggi.

   2. Kurang Cocok untuk Kebutuhan Konten
Oppo A78 5G dinilai kurang cocok digunakan untuk kebutuhan konten. Hal tersebut karena fitur perekaman yang cukup minim. Handphone ini hanya mampu merekam hingga 1080p di frame rate 30 FPSs saja dan tidak mendukung 60 FPS.

Mata manusia umumnya sudah menganggap cukup pada frame rate 30 FPS. Tetapi, apabila Anda ingin mengunggah konten di sosial media seperti Instagram atau Tiktok, dikhawatirkan terjadi penurunan kualitas setelah melalui proses kompresi setiap platform.

  3. Tidak Dirilis dengan Android 13+ Banyak Bloatware
Oppo A78 ini dikemas dengan antarmuka ColorOS 13 berbasis android 12. Sebagai smartphone keluaran terbaru 2023, seharusnya ini sudah dibekali dengan android 13 yang lebih baru.

Rata-rata handphone hanya dibekali dengan dukungan update versi android sebanyak 2 kali saja. Namun, untuk Oppo ini dikhawatirkan sudah tidak bisa di perbaharui lagi.

Itu dia penjelasan mengenai spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan dari Samsung Oppo A78 5G. Dari uraian di atas, kini Anda bisa mengetahui apa saja yang menjadi pertimbangan ketika akan membeli handphone keluaran terbaru dari Oppo ini.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.