Trotoar Ruas Jalan Lingkar Barat Direvitalisasi 

oleh -471 Dilihat

Sidoarjosatu.com – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo tengah merevitalisasi trotoar lingkar barat, tepatnya mulai dari kali pucang hingga pintu masuk GOR Sidoarjo. Proyek sepanjang 1.210 meter ini, ditargetkan rampung akhir tahun 2023, Senin, (9/10/2023).

Sebelumnya, trotoar yang berupa paving akan dipercantik menjadi lantai granit. Saat ini tengah dilakukan pembuatan drainase (saluran air) yang sudah mencapai progres 50 persen dan pengerjaan tersebut dimulai dari utara ke selatan. Selanjutnya, akan disambung dengan pemasangan gorong-gorong air.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan revitalisasi trotoar menjadi bagian mempercantik wajah kota serta menunjang kesehatan masyarakat. Untuk itu, fasilitas tersebut akan terus diperbaiki agar pejalan kaki merasa nyaman dan aman.

“Selain menjadikan wajah Kabupaten Sidoarjo lebih cantik, trotoar akan menumbuhkan aktivitas yang sehat, oleh karenanya kita akan membuat senyaman dan seaman mungkin fasilitas bagi pejalan kaki seperti ini,” ucapnya.

Muhdlor berharap masyarakat dapat ikut menjaga dan merawat trotoar. Yaitu dengan cara tidak mengotorinya, terlebih memanfaatkan untuk menggelar dagangan. Ia tidak ingin ruang publik disalah gunakan pemanfaatannya.

“Pejalan kaki memiliki hak menggunakan trotoar, hal ini sudah diatur dalam peraturan pemerintah yang menyatakan trotoar hanya diperuntukkan bagi lalu lintas pejalan kaki, jika dipakai untuk aktifitas perdagangan merupakan sebuah pelanggaran hak,”ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo, Bahrul Amig mengatakan proyek ini mengusung gagasan estetika dan keindahan kota yang harus hadir dalam setiap sudut.

“Nantinya, trotoar ini mendapatkan sentuhan baru dengan penambahan kursi dan lampu-lampu hias yang akan mempercantik suasana malam,” tuturnya.

Ia menambahkan hal ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk menciptakan ruang publik yang ramah, nyaman, dan menarik bagi masyarakat.

“Selain memberikan tempat yang lebih baik bagi pejalan kaki, peremajaan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup warga serta mendukung sektor pariwisata lokal,” pungkasnya.(Had)

No More Posts Available.

No more pages to load.