sidoarjosatu.com
Ekbis Headline Pemerintahan Politik

Gus Muhdlor Kawal Proses Ekspor Produk UKM ke Luar Negeri

DIDAMPINGI: Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menunjukkan produk siap ekspor milik UKM Sidoarjo.

 

SIDOARJOSATU– Puluhan Usaha Kecil Menengah (UKM) diberikan pelatihan cara mengekspor produk yang dihasilkan untuk bisa dipasarkan ke luar negeri. Sasarannya negara di Timur Tengah. Seperti, Yaman, Turki, Mesir dan Arab Saudi. Kemudian beberapa negara di Asia seperti Korea Selatan, dan Jepang. Termasuk di Eropa seperti Belanda.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mendorong kepada puluhan UKM naik kelas agar produknya sudah diekspor ke luar negeri tahun ini. Terkait dengan segala proses perizinannya, dia menjamin akan memberikan kemudahan dan pendampingan sampai tuntas.

“Total ada 50 UKM naik kelas yang sudah siap mengirimkan produknya ke luar negeri. Dari jumlah tersebut, 20 di antaranya sudah lolos izin dan sisanya masih dalam proses,” ujar bupati yang akrab disapa Gus Muhdlor itu.

Produk yang diekspor di antaranya jenis makanan olahan, makanan khas Sidoarjo seperti sambal udang dan olahan ikan bandeng. Selain itu juga hasil olahan kerajinan tangan atau handycraft.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sidoarjo Tjarda diminta Gus Muhdlor untuk all out melakukan pendampingan.  Mulai dari proses izin sampai produknya bisa terkirim ke luar negeri.

Berbagai upaya dilakukan Gus Muhdlor agar ribuan UKM di Sidoarjo naik kelas. Salah satunya, memanfaatkan jaringan PCINU (Pimpinan Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama). Cabang istimewa NU di luar negeri yang sudah tersebar di berbagai negara siap membantu memasarkan produk UKM Sidoarjo. Seperti PCINU Korea Selatan dan Jepang melalui zoom meeting sudah menyatakan siap kepada Gus Muhdlor untuk membantu memasarkan. (SS-3/er)

Related posts

No More 6% Commissions – These Brokers Will Sell Your House For a Flat Fee

editorsidoarjo1

The Different Types of Saving and Investment Bond Explained

editorsidoarjo1

PC PIRA Sidoarjo Siap Jadi Ujung Tombak Perjuangan Gerindra

Leave a Comment