Mahasiswa Trunojoyo Berhasil Ciptakan Filter Instagram Hingga Mencapai Jutaan Pengguna

oleh -434 Dilihat

 


SIDOARJOterkini – Dengan berbekal search engine seorang mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura berhasil menerbitkan filter/efek baru di Instagram dengan jutaan pengguna.

Muhammad Rifqi Nur Wachid Adi Pratama, Pemuda asal Sidoarjo ini mencoba mengembangkan keahliannya dalam bidang IT. Ia mengatakan bahwa, alasannya  membuat filter tersebut hanya iseng untuk kebutuhan pribadi guna mempersingkat waktu dalam menyempurnakan gambar menjadi sesuatu yang lebih menarik.

“Alasan saya membuat filter di Instagram hanya untuk mempersingkat waktu dalam pengeditan frame gambar dan bisa menghemat biaya., Karena pada waktu itu saya ingin mencetak gambar, tetapi ketika saya meminta ditambahkan frame beliau meminta tambahan biaya jasa. Nah, dari situ saya mempunyai ide untuk membuat filter frame foto,”kata Rifqi, saat diwawancarai.

Mahasiswa Trunojoyo ini mengungkapkan bahwa, ia belajar membuat filter tersebut secara otodidak dan hanya bermodalkan search engine google guna mencari informasi tutorial pembuatan.

“Saya membuat filter Instagram ini hanya dengan bermodalkan rasa keingintahuan dengan bantuan informasi dari media sosial” Ungkapnya.

Untuk pembuatan filter Instagram, Mahasiswa Trunojoyo ini memiliki kesulitan dalam penyesuaian kontras, warna, dan support devicenya. Meski kerap kali mengalami kesulitan, Rifqi tetap semangat dan optimis dengan apa yang ia usahakan tersebut.

Ketika ditanyai mengenai tujuan Rifqi dalam pembuatan filter Instagram tersebut, ia mengatakan bahwa semua berawal dari keisengan serta mengembangkan hobinya dalam bidang IT.

Sejak Rifqi duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga ia menempuh Sekolah Menengah Atas (SMA), ia menyukai editing foto serta video. Bahkan berkat hobi yang sudah ia geluti sejak lama ini, ia memiliki kanal YouTube dengan jumlah subscribers mencapai ratusan ribu karena ia menemukan minatnya pada bidang Editing.

Namun yang membuat terkejut adalah ia memilih jurusan kuliah yang tidak sejalan dengan hobinya tersebut. Saat ini Rifqi mengambil jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum.

“Saya mengambil jurusan hukum karena saya ingin menghindari matematika, dan saya juga berpikir nanti prospek kerja kedepannya bakal bagus setelah lulus. Dan saya sengaja mengambil jurusan yang berbeda dengan hobi saya, karena saya tertarik menjadi seorang pakar hukum atas dasar pengalaman saya ketika mengikuti lomba peradilan semu pada saat SMA” Ungkapnya.

Dalam akun Instagram Pribadinya @mrnwap, ia membagikan cara untuk penggunaan filter yang ia buat di Instagram.

Berikut cara menggunakan filter yang sudah dibuat oleh Rifqi:
Search Instagram @mrnwap, klik menu bintang tiga (disamping kanan menu reels), pilih filter yang akan digunakan lalu save filter, maka filter tersebut akan masuk secara otomatis pada akun Instagram kalian.

Dengan adanya perkembangan zaman, penulis berharap kedepannya untuk para pengguna Instagram terutama yang menggunakan filter buatan Rifqi, agar menggunakannya secara bijak dan dapat mencontoh sikap pantang menyerahnya.
Oleh karena itu Mari kita dukung anak-anak muda Indonesia agar lebih kreatif dan inovatif seperti Muhammad Rifqi Nur Wachid Adi Pratama.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.