Peduli Lingkungan ; Warga Sentra Point’ Gunung Anyar Manfaatkan Saluran Air Sungai Untuk Budidaya Ikan Nila

oleh -131 Dilihat
Foto : Warga Perumahan Sentra Point' Gunung Anyar saat menebar benih ikan nila di saluran air kawasan tersebut, Selasa, (12/12/2023).

Sidoarjosatu.com | Surabaya : Warga Perumahan Sentra Point’ yang terletak di Gunung Anyar Surabaya memborong 10 ribu bibit ikan nila. Pasalnya ribuan ikan-ikan tersebut akan di masukkan ke dalam saluran air yang terletak di perumahan warga tersebut.

Sejak pagi, warga berbodnong-bondong mendatangi kios-kios ikan yang tidak jauh dari perumahan tersebut. Mereka menanyakan jumlah ikan nila yang tersedia pada kios tersebut.

Tanpa pikir panjang, warga memborong ikan-ikan yang ada. Mereka memilih untuk membeli ikan nila.

“Totalnya ada 10 ribu ikan Nila yang kami beli dari penjual ikan disini. Dan ikan ini nanti akan kami lepas di saluran air yang ada di desa ini,” jelas Dendy pengurus sentra point’ Gunung Anyar, Selasa, (12/12/2023).

Dendy menjelaskan kegiatan yang dilakukan warga ini merupakan insiatif dari pengurus RT setempat yakni Eksan, Bayu, dan Purwanto yang merasa gelisah dengan kondisi lingkungan yang ada. Terlebih saat ini sudah memasuki musim penghujan.

Sehingga dengan memanfaatkan keberadaan saluran air untuk budidaya ikan Nila, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman dan sadar terkait fungsi sungai sebagi sumber kehidupan.

“ini bagian dari upaya warga untuk menjaga kesehatan lingkungan. Sebab, lingkungan yang sehat akan membawa dampak positif bagi tubuh kita, terutama masyarakat yang ada di perumahan ini. Masyarakat juga akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kurang sehat,” jelasnya.

Disamping untuk menjaga lingkungan yang sehat, budidaya ikan nila juga berpeluang besar dalam meningkatkan perekonomian warga.

“Jika sudah panen, masyarakat bisa menikmati hasilnya. Bahkan ikan nila bisa dijual kembali untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan tambahan uang kas,” terangnya.

Ikan nila merupakan sejenis ikan konsumsi air tawar. Ikan nila mengandung sumber protein, kalsium, zat besi, dan vitamin A. Ikan nila juga mengandung lemak sehat bagi yang mengkonsumsinya.

Mengkonsumsi Ikan Nila, selain baik untuk pencernaan juga dapat mengontrol kolesterol, mencegah kanker, mendukung kesehatan otak, tulang, otot, gigi, serta dapat mencegah penuaan dini. (Had).

No More Posts Available.

No more pages to load.