SMP Al Muslim Gelar Healthy Day Bertajuk “Perilaku Hidup Sehat”

oleh -45 Dilihat

 

SIDOARJOterkini – Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke-64 SMP Al Muslim menggelar kegiatan Healthy Day dengan tema “Menjadi Pioner Perilaku Hidup Sehat”. Dengan menghadirkan 2 (dua) narasumber dan 2 (dua) moderator mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, kegiatan tersebut berlangsung selama kurang lebih 2 (dua) jam. Kamis 25 Januari 2024.

Adapun narasumber tersebut yakni Bian Shabri Putri Irwanto, S.KM., M.KKK (Dosen FKM Unair) dan Tiara Tivany S., S.Gz., MPH. (Staf Pengajar FKM Unair),

Seperti biasa, seluruh siswa SMP Al Muslim memulai rangkaian kegiatan dengan diawali doa bersama. Hingga memasuki sesi inti, 2 mahasiswa FKM Unair memandu seluruh siswa untuk scan barcode agar langsung terakses dengan pre-test.

Dalam pretest tersebut, siswa akan menjawab berbagai macam pertanyaan sebelum diberikan penjelasan materi oleh narasumber.

Dalam sesi inti, narasumber memaparkan 4 poin mengenai pentingnya menjaga kesehatan bagi remaja, termasuk pemilihan makanan dan minuman yang baik dikonsumsi, upaya mengatur pola hidup sehat, cara menghitung kandungan gizi seimbang, dan dampak ketidakseimbangan gizi yang diperoleh dalam tubuh. Seluruh siswa tampak menyimak dengan baik materi yang disampaikan oleh narasumber. Hal ini terlihat dari keaktifan dan antusias siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh narasumber.

“Kalian ini kan sudah menginjak usia remaja, jadi mulai banyak mengerjakan sesuatu hal yang produktif. Nah, kalian tahu nggak sih, gimana caranya biar kalian nggak stres berlebih?” tanya Bian Shabri yang merupakan Dosen FKM Unair mengawali presentasi materinya yang kemudian disambut berbagai macam jawaban dari siswa.

Tips mengatur pola hidup sehat yakni dengan minum air putih 2 liter setiap hari, tidur yang cukup, makan dan minum yang bergizi seimbang, dan menjaga pola tidur.
Setelah memaparkan materi, siswa kemudian mengerjakan post-test yang berisikan berbagai pertanyaan mengenai paparan materi oleh narasumber.

Kegiatan Healthy Day ini selain untuk menumbuhkan wawasan dan mengedukasi siswa, juga sebagai bentuk kepedulian dan kepekaan mereka terhadap kesehatan diri sendiri di tengah kesibukannya sebagai seorang pelajar.(cles)

No More Posts Available.

No more pages to load.