Tingkatkan Potensi UMKM, Pemkab Sidoarjo Dorong Inovasi Produk Kreatif

oleh -349 Dilihat
Foto : Pembinaan UMKM

SIDOARJOSATU.COM – Semakin modernnya kehidupan, semakin banyak pula cara untuk meningkatkan ekonomi, salah satunya adalah peningkatan potensi UMKM.
Banyak sekali UMKM yang saat ini berkembang pesat, salah satunya di Kecamatan Sukodono. Untuk meningkatkan produktivitas UMKM di Sukodono, Pemerintah bekerjasama dengan pihak lain menggelar pembinaan.

Acara yang digelar selama 3 hari di kota Batu tersebut, mengangkat tema, peningkatan produk ekonomi kreatif. Dari acara tersebut peserta banyak mendapatkan ilmu-ilmu baru dari para narasumber yang berkompeten di Bidangnya. Hadir dalam acara tersebut adalah Pejabat Dinas Pariwisata dan kebudayaan Jawa Timur, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo.

Selain pejabat pemerintah, ada beberapa Nara sumber yang hadir dalam acara tersebut. Nara sumber pertama Rigel Ghulam Achmad owner dari Gemes Juice yang memberikan materi perihal pentingnya Go Online terhadap produk jualan dengan memanfaatkan medsos.

“Penggunaan media sosial harus kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk memperkenalkan atau menawarkan produk kita ke khalayak umum,” kata Rigel.

Nara sumber kedua adalah Nur Rahmawati Fauziyah selaku owner dari Lokal Brand Tas Moonzaya. Dia bercerita perihal awal mula terbentuknya Moonzaya sampai dikenal hingga sekarang. Saat tahun pertama Moonzaya berdiri tak langsung sukses seperti sekarang ini.

“Orang usaha itu tidak langsung sukses pasti ada kendala, dari situlah kita harus kreatif untuk mencari solusi,” terangnya.

Narsum ketiga adalah Jody Baharizky dari Emmh Snack yang memberi materi perihal digital, pentingnya media social untuk menunjang produk dan sebagai bentuk promosi.

Januarico Alif seorang owner dari Kedai Korean Food Du Bum juga turut memberikan motivasi bagi para peserta, bahwasanya yang kecil bisa menjadi besar dan dikenal banyak orang, harus dengan kreatifitas.

Untuk Prasetyo Djoko Susanto juga membeberkan informasi jika produk penjualan kita juga harus diiringi oleh bahan baku yang pas, karena bahan baku yang baik akan memberikan kepuasaan kepada pelanggan.

Sementara itu anggota komisi B DPRD Kabupaten Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan, turut memberikan motivasi dan dukungan terhadap UMKM di Sidoarjo ini karena mengingat Sidoarjo dijuluki sebagai kota UMKM, sehingga UMKM di lingkup kecil juga harus diperhatikan dan dikembangkan.

Tujuan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwista Kabupaten Sidoarjo membuat acara ini adalah sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap UMKM kecil, agar para pelaku umkm lebih kreatif untuk meningkatkan produk yang sedang di geluti.

“Ini adalah salah satu fasilitas kami untuk Pegiat UMKM agar bisa menyerap ilmu sebanyak-banyaknya yang akan diberikan oleh para pemateri. UMKM yang berkualitas, tentunya akan menjadi pemasukan yang baik juga, kunci utamanya adalah Kreatif”, ujar Djoko Supriyadi selaku Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo, Minggu (21/05/23).

No More Posts Available.

No more pages to load.