Tumbuh Kembangkan UMKM, Pemkab Sidoarjo Renovasi 2.000 Warung Kelontong Warga 

oleh -1123 Dilihat

 

Sidoarjosatu.com – Dukungan dan keberpihakan kepada pelaku usaha kecil menengah terus dilakukan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Ia menargetkan 2.000 warung kelontong (warung rakyat) tuntas direnovasi. Program ini dijalankan mulai tahun 2021 dan target tuntas tahun 2026. Tahun ini Pemkab Sidoarjo sudah merampungkan renovasi sebanyak 422 warung.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor menegaskan salah satu kekuatan ekonomi daerah terletak pada tumbuh kembangnya usaha-usaha kecil dan menengah atau UMKM.

“Sidoarjo ini warganya pekerja keras, kreatif dan pantang menyerah. UMKM tumbuh dimana-mana. Warung kelontong (warung rakyat) jumlahnya ribuan. Kita siapkan program yang membantu keberlanjutan usahanya, mulai dari program subsidi bunga untuk modal usaha lewat kurda, hibah modal usaha kelompok perempuan kurma, hingga bantuan renovasi 2.000 warung rakyat,” jelasnya, Kamis, (30/11/2023).

Setiap tahun Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro merenovasi sedikitnya 400 warung. Kebijakan pemerintah daerah yang meningkatkan usaha warung rakyat tersebut telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2021 – 2026 dalam bentuk Program Warung Rakyat Direnovasi.

“Program Warung Rakyat Direnovasi ini bertujuan untuk meningkatkan kelayakan bangunan warung rakyat agar warung menjadi lebih bersih, sehat dan indah,” ujarnya.

Dengan upaya tersebut, kata dia, diharapkan konsumen atau pengunjung warung memperoleh kenyamanan dan bisa menikmati makanan atau minuman atau barang klontong lainnya yang disediakan dengan baik yang dampaknya akan membawa mereka untuk datang kembali ke warung tersebut.

“Sehingga pada akhirnya ini akan bisa meningkatkan pendapatan  bagi pemilik warung,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo Mohamad Edi Kurniadi mengatakan keberadaan warung rakyat merupakan salah satu usaha atau mata pencaharian di tengah-tengah kehidupan masyarakat untuk menopang ketahanan ekonomi keluarga.

Ia mengatakan, pelaksanaan Program Warung Rakyat Direnovasi Tahun 2023 dilaksanakan dengan cara swakelola tipe 4, yaitu dengan melibatkan kelompok masyarakat di desa atau kelurahan tersebut.

“Kegiatan fisik renovasi warung mulai dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 dengan jumlah warung yang direnovasi adalah sebanyak 422 unit yang tersebar di enam kecamatan yaitu Kecamatan Buduran, Gedangan, Waru, Taman, Wonoayu dan Balongbendo,” ujar Edi saat acara ceremony penyerahan program renovasi warung rakyat oleh Pj. Sekda Andjar Soerjadijanto di Pendopo Delta Wibawa pada Rabu (29/11).

Salah satu penerima program renovasi warung yakni Siti Maisaroh, ia mengaku sangat senang warungnya direnovasi oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sehingga lebih ramai dan nyaman untuk para pembeli.

“Terimakasih pak bupati, saya senang sekali warung saya menjadi lebih menarik, bersih, dan nyaman sekarang,” katanya.

Pemilik warung nasi pecel di Desa Kranggan, Kecamatan Gedangan tersebut berharap program renovasi warung rakyat terus dilakukan oleh Pemkab Sidoarjo.

“Program ini sangat membantu sekali dalam menambah keuangan keluarga kami, saya harap terus dilaksanakan tiap tahun,” ucapnya senang. (Had)

No More Posts Available.

No more pages to load.