Bupati Sidoarjo Luncurkan Lomba Jimpitan Antar RT Berhadiah Ratusan Juta

oleh -33 Dilihat

 

Sidoarjosatu.com – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali meluncurkan lomba antar RT (Rukun Tetangga) di Pendopo Delta Wibawa, pada Kamis (30/11/2023). Kategori yang dilombakan antar RT ini terbagi menjadi 5 yaitu; RT Sehat, RT Asri, RT Tahan Pangan, RT Berbudaya dan RT Jimpitan. Nantinya, akan dinilai setiap kategori dan akan diambil tiga juara terbaik.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali di sela kegiatan peluncuran tersebut, mengatakan politik partisipatoris menjadi salah satu tujuan utama Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Lomba tersebut sekaligus untuk mendukung program Self Governing Community yang akan diluncurkan pada tahun 2024.

“Hadiahnya untuk juara satu akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp300 juta, juara dua Rp85 juta, juara ketiga Rp53 juta dan juara harapan akan dipilih 7 kelompok dengan hadiah sebesar Rp5 juta,” katanya.

Lebih lanjut Muhdlor menyampaikan, dibutuhkan keikutsertaan masyarakat menyeluruh untuk menjadikan Sidoarjo menjadi berkembang pesat dalam pembangunannya.

Seperti halnya pemberian sound sistem (perangkat suara) dan insentif untuk pengurus RT pada tahun 2024 memberikan efek bagi keguyuban masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Sidoarjo intinya ingin mengusung politik partsipatoris yang mengajak semua kalangan masyarakat untuk turun serta membangun Sidoarjo,” ucapnya saat dikonfirmasi seusai acara.

Dirinya menyebut, dengan cara lomba antar RT ini, akan mampu mendorong warganya turut berperan dalam membangun Kabupaten Sidoarjo.

“Maka dengan mengikuti lomba, hasilnya adalah untuk mereka sendiri, intinya adalah berikan warisan terbaik untuk anak cucu berupa lingkungan yang asri,” ujarnya.

Ia yakin jika apa yang ia lakukan berhasil, maka tugas Kabupaten akan lebih mudah. Dia mencontohkan, dalam kategori lomba RT Asri mempunyai parameter bahwa lingkungan RT harus indah, rindang dan sebagainya.

“Tiap lingkungan RT harus punya bank sampah dan tempat pengelolaan sampah, ini juga akan menjadi nilai plus saat penialain,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Mulyawan mengatakan lomba akan dilaksanakan pada tahun 2024.

“Lomba RT akan kami laksanakan pada tahun 2024, untuk informasi lebih lanjut akan kami sampaikan nanti, sedangkan minggu depan tepatnya tanggal 10 Desember akan kami laksanakan sosialisasi terkait pelaksanaan lomba RT ini,” jelasnya.

Ketua Forum Kepala Desa Kabupaten Sidoarjo, Budiono mengapresiasi langkah yang dilakukan Bupati Sidoarjo. Menurutnya hal tersebut dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan Sidoarjo.

“Pastinya upaya ini menjadikan masyarakat saling bahu membahu dalam menyebarkan kebaikan di lingkungannya,” katanya.

Ia akan mendorong kepala desa seluruh Kabupaten Sidoarjo untuk segera menyampaikan pesan baik dari Pemkab dan bersiap untuk berupaya yang lebih baik untuk Sidoarjo.

“Semua harus membangun Sidoarjo menjadi lebih baik, hal ini untuk kita dan anak cucu kita nanti,” tutupnya. (Had)

No More Posts Available.

No more pages to load.